Jumat 17 Aug 2012 10:13 WIB

Wabup Nunukan Resmikan 'Garuda Perkasa' di Perbatasan Malaysia

Red: Didi Purwadi
Peta perbatasan Indonesia-Malaysia di Nunukan.
Foto: Kkp.go.id
Peta perbatasan Indonesia-Malaysia di Nunukan.

REPUBLIKA.CO.ID, NUNUKAN -- Wakil Bupati Nunukan, Kalimantan Timur, Hj Asmah Gani, meresmikan tugu perbatasan Indonesia-Malaysia di Pulau Sebatik, Jumat. Dalam sambutannya, Asmah Gani menyatakan pembangunan tugu perbatasan "Garuda Perkasa" menandakan sikap dan jiwa nasionalisme bagi masyarakat perbatasan lebih tertanam lagi.

Wakil bupati dalam peresmian tugu yang dipelopori Satgas Marinir Ambalat XIV ini mengajak masyarakat memaknainya sebagai monumen bersejarah. Khususnya bagi warga perbatasan Indonesia-Malaysia di Pulau Sebatik.

Camat Sebatik Utara, Zulkifli, menegaskan pembangunan tugu "Garuda Perkasa" yang terletak di Desa Seberang ini didasari pada tiga konsep utama. Konsep tersebut yaitu Pulau Sebatik merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sering dikunjungi pejabat pusat dan provinsi. Kemudian untuk mempertebal jiwa nasionalisme seluruh masyarakat Pulau Sebatik khususnya yang berada tepat di tapal batas Indonesia-Malaysia.

Selain itu, kata dia, untuk memperjelas kepada pengunjung di pulau yang berbatasan langsung dengan Tawau, Malaysia, ini bahwa wilayah ini merupakan garda terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement