Jumat 24 May 2013 15:10 WIB

Pemerintah Diminta Mata-matai Persaingan Usaha

Red: Djibril Muhammad
Persaingan Usaha
Foto: blogspot.com
Persaingan Usaha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua ASEAN Competitiveness Institute Soy Pardede mengatakan pengawasan persaingan usaha dan penegakan hukumnya tidak bisa diserahkan pada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), tetapi juga harus melibatkan pemerintah.

"Saya harap KPPU tetap menjalankan fungsinya dalam memberikan rekomendasi mengenai kebijakan untuk mengembangkan usaha tanpa harus takut dengan penegakan hukum," kata Soy Pardede dalam salah satu seminar Indonesia Banking Expo (IBEX) 2013 di Jakarta, Jumat.

Soy mengatakan dunia perbankan di Indonesia saat ini sebenarnya juga bermasalah dengan adanya kartelisasi kredit. Meskipun KPPU sulit membuktikan hal itu, tetapi sebagai mantan komisioner dan wakil ketua KPPU, dia yakin tetap ada kartel dalam perbankan Indonesia.

Menurut Soy, keberadaan kartel kredit di Indonesia sulit dibuktikan keberadaanya. Namun, "aroma" kartelisasi itu terlihat dalam praktek perbankan di Indonesia.

"Suku bunga Indonesia tertinggi di Asia, tetapi itu juga tidak bisa dipersalahkan. Mengapa suku bunga tinggi dipertahankan? Sebab itu merupakan cara akumulasi modal perbankan Indonesia dalam menghadapi persaingan perbankan di tingkat regional," tuturnya.

Soy mengatakan perbankan Indonesia memerlukan dana yang besar untuk terus menumbuhkan dan mengembangkan usahanya. Karena itu, suku bunga di Indonesia tetap dipertahankan tinggi.

Soy Pardede menjadi salah satu pembicara dalam seminar "Kesiapan Ekonomi Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara dalam Menghadapi MEA 2015".

Selain Soy, pembicara lain adalah ekonom CSIS Djisman Simanjuntak, ekonom BNI Ryan Kiryanto, Kepala Divisi Riset Bursa Efek Indonesia Poltak Hotradero dan Ketua Kadin Suryo Bambang Sulisto.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَفَمَنْ هُوَ قَاۤىِٕمٌ عَلٰى كُلِّ نَفْسٍۢ بِمَا كَسَبَتْۚ وَجَعَلُوْا لِلّٰهِ شُرَكَاۤءَ ۗ قُلْ سَمُّوْهُمْۗ اَمْ تُنَبِّـُٔوْنَهٗ بِمَا لَا يَعْلَمُ فِى الْاَرْضِ اَمْ بِظَاهِرٍ مِّنَ الْقَوْلِ ۗبَلْ زُيِّنَ لِلَّذِيْنَ كَفَرُوْا مَكْرُهُمْ وَصُدُّوْا عَنِ السَّبِيْلِ ۗوَمَنْ يُّضْلِلِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ هَادٍ
Maka apakah Tuhan yang menjaga setiap jiwa terhadap apa yang diperbuatnya (sama dengan yang lain)? Mereka menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah. Katakanlah, “Sebutkanlah sifat-sifat mereka itu.” Atau apakah kamu hendak memberitahukan kepada Allah apa yang tidak diketahui-Nya di bumi, atau (mengatakan tentang hal itu) sekedar perkataan pada lahirnya saja. Sebenarnya bagi orang kafir, tipu daya mereka itu dijadikan terasa indah, dan mereka dihalangi dari jalan (yang benar). Dan barangsiapa disesatkan Allah, maka tidak ada seorang pun yang memberi petunjuk baginya.

(QS. Ar-Ra'd ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement