Sabtu 04 Jul 2015 10:57 WIB

Netanyahu Meradang UNHCR Sahkan Laporan Kejahatan Perang Gaza

Red: Ani Nursalikah
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu
Foto: AP
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Jumat (3/7), mengecam keputusan Dewan Hak Asasi Manusia PBB (UNHRC) terkait pengesahan laporan yang menuduh Israel dan Hamas melakukan kejahatan perang selama agresi militer musim panas lalu ke Jalur Gaza.

"UNHRC tak tertarik pada kenyataan dan tidak benar-benar tertarik pada hak asasi manusia," demikian tuduhan Netanyahu di dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya.

Netanyahu mengencam UNHRC karena mengutuk Israel. Padahal, katanya, Israel tidak melakukan kesalahan sebab bertindak untuk membela dirinya dari organisasi teror pembunuh. Ia menambahkan tentara Israel bertindak sesuai dengan hukum internasional.

Resolusi untuk mendukung laporan itu disahkan dengan dukungan kuat Eropa. Sebanyak 41 negara anggota Dewan tersebut, termasuk Jerman, Prancis dan Inggris memberi suaara untuk mendukung laporan itu.

Sementara cuma Amerika Serikat yang memberi suara menentangnya. India, Kenya, Paraguay, Ethiopia dan Makedonia abstain.

Menurut laporan Komisi Penyelidik Independen UNHRC, 1.462 warga sipil Palestina, sepertiga dari mereka anak-anak  dan enam warga sipil Israel tewas selama 51 hari pertempuran di Jalur Gaza dari Juli sampai Agustus 2014.

Komisi itu menyatakan tembakan membabi-buta Israel menimbulkan kerugian yang sangat besar dan tak pernah terjadi sebelumnya pada rakyat di Jalur Gaza. "Ratusan warga sipil Palestina tewas di dalam rumah mereka sendiri, terutama perempuan dan anak kecil," kata laporan itu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

(QS. Al-Baqarah ayat 286)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement