Senin 11 Jan 2016 19:28 WIB

Pekan Ini, Space X Rencanakan Pendaratan Roket

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Dwi Murdaningsih
Space X akan mendaratkan roket di laut
Foto: Space X/Flickr/science alert
Space X akan mendaratkan roket di laut

REPUBLIKA.CO.ID, Space X, perusahaan antariksa milik bilioner Elon Musk Desember lalu berhasil membuat sejarah dengan uji coba roket Falcon 9 yang berhasil mendarat dengan mulus setelah meluncur ke wilayah orbit. Space X memiliki satu rencana gila yang akan dilakukan tak lama lagi. Space X  akan mencoba prestasi yang sama dengan melakukan pendaratan di tengah laut.

"Kali ini akan roket Falcon 9 akan mendarat di sebuah kapal drone dengan dikendalikan dari jarak jauh," dikutip dari Science Alert, Senin (11/1).

Sejarah Baru, Roket SpaceX Mendarat Mulus Setelah Luncurkan Satelit

Rencananya SpaceX akan meluncurkan roket pada 17 Januari mendatang. Ini bukan pertama kalinya SpaceX telah mencoba untuk membawa salah satu dari roket yang turun dengan aman di laut. Sebelumnya, perusahaan swasta tersebut telah beberapa kali gagal mencoba pendaratan laut. Namun, suksesnya peluncuran satelit melalui Falcon 9 sepertinya menambah rasa percaya diri Space X.

Menariknya, roket yang digunakan dalam peluncuran mendatang ini adalah versi yang lebih tua dari Falcon 9 yang digunakan bulan lalu dan tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk mendarat di darat.  SpaceX kemungkinan akan melakukan live-streaming acara peluncuran pada Ahad pekan ini.

 

baca juga:

Bahan Termahal di Dunia Dijual Rp 2 Triliun per Gram

Ilmuwan Temukan Klaster Galaksi Terbesar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement