Jumat 16 Sep 2016 17:59 WIB

Api PON Akhirnya Tiba di Gedung Sate

Red: Ilham
Kendaraan khusus membawa api PON XIX
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Kendaraan khusus membawa api PON XIX

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 akhirnya tiba di Lapangan Gasibu Bandung, Jumat (16/9) petang. Api PON telah melalui 26 kabupaten/kota di Jawa Barat dan menempuh jarak 1.005,4 kilometer.

Mantan atlet bulu tangkis, Ricky Subagdja, didapuk membawa obor api PON XIX dari Balai Kota Bandung, diiringi oleh mantan atlet bulu tangkis lainnya, Iie Sumirat. Mereka tiba di Lapangan Gasibu sekitar pukul 16.00 WIB. Obor tersebut diserahkan kepada Ketua Umum PB PON XIX/2016, Ahmad Heryawan.

Obor api PON XIX tersebut diinapkan selama satu hari di salah satu sudut Lapangan Gasibu atau dekat dengan Gedung Sate Bandung. Setelah itu akan dibawa ke lokasi Upacara Pembukaan PON di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

"Alhamdulillah, api PON sudah sampai pada titik akhir di sini. Setelah menempuh pejalanan 26 kabupaten/kota dengan jarak tempuh sepanjang 1.005,4 kilometer. Ini adalah jarak terpanjang perjalanan api PON," kata Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan.

Rencananya, kata Aher, kirab api PON XIX akan didaftarkan ke MURI sebagai kirab api yang menempuh perjalanan paling panjang selama sejarah PON di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement