Sabtu 31 Dec 2016 16:09 WIB

Amankan Malam Tahun Baru, Polda Metro Libatkan Anjing Pelacak

Rep: Muhyiddin/ Red: Esthi Maharani
Personel Brimob bersama anjing pelacak melakukan pengamanan / Ilustrasi
Foto: Antara/Siswowidodo
Personel Brimob bersama anjing pelacak melakukan pengamanan / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Kepala Kepolisian Polda Metro Jaya, Brigjen Suntana menyatakan akan mengerahkan puluhan ribuan personel untuk mengamankan malam pergantian tahun Baru 2017. Personel tersebut akan ditempatkan di beberapa titik yang menjadi pusat keramaian Ibu Kota.

Tidak hanya itu, kata dia, pihaknya juga akan melibatkan anjing pelacak untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan. Anjing pelacak tersebut dikerahkan dengan nama K9.

"Kami libatkan anjing pelacak sampai alat kendaraan taktis semua kita terjunkan," ujar Suntana usai memimpin Apel Pasukan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (31/12).

Sementara itu, perayaan malam tahun baru kali ini akan dipusatkan di Ancol, Jakarta Utara. Karena itu, tempat andalan wisata warga Ibu Kota tersebut akan mendapatkan pengamanan seperti penyediaan metal detektor hingga sterilisasi.

"Kami pastikan tempat - tempat tertentu akan dilaksanakan sterilisasi, seperti di beberapa tempat Puspida DKI, Ancol dan panggung hiburan lainnya. Total ada lebih dari 10 panggung hiburan tempat masyarakat berkumpul merayakan malam tahun baru," ucap Suntana.

Di tempat berbeda, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan bahaa Car Free Night yang awalnya direncanakan akan digelar di sepanjang Jalan Sudirman hingga HM Thamrin sudah dibatalkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Sesuai koordinasi dengan Pemprov DKI Car Free Night ditiadakan dengan beberapa pertimbangan, di antaranya terkait proyek MRT karena terganggu. Kedua, kita merayakan tahun baru ini dengan penuh keserhanaan, dengan harapan kegiatan ini dapat dilakukan di rumah masing-masing," kata Suntana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement