Selasa 05 Sep 2017 16:30 WIB

Universitas Terbuka Rayakan HUT ke-33

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Dwi Murdaningsih
Rektor UT Ojat Darojat.
Foto: UT
Rektor UT Ojat Darojat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Universitas Terbuka (UT) merayakan ulang tahun ke-33. Rektor UT Ojat Darojat menuturkan UT melakukan inovasi di berbagai bidang. UT juga mempersembahkan buku dan program unggulannya untuk kemajuan UT dan bangsa ke depannya.

"Inovasi yang dilakukan itu baik akademik, manajemen, dan tata kelola keuangan, kemahasiswaan, maupun bidang kerja sama dan kemitraan dalam ranah nasional maupun internasional," ujar Rektor UT Ojat Darojat dalam sambutannya pada acara Dies Natalis UT ke-33, Senin (4/9) lalu.

Ia menambahkan, pihaknya sangat menyadari, jejaring kemitraan dengan seluruh stakeholders merupakan faktor penting bagi kebehasilan tiap langkah inovasi UT.

Peringatan Dies Natalis UT tahun ini bertajuk UT Membangun Karakter Mandiri Bangsa. Alasan pengambilan tema ini karena selama 33 tahun, UT telah menyediakan layanan pendidikan berbasis pendidikan jarak jauh kepada rakyat Indonesia.

Sistem jarak jauh ini membuat mahasiswa UT berkompeten untuk dapat belajar secara mandiri dengan menggunakan berbagai modus layanan bantuan belajar. Karakter mandiri seperti itulah yang menurut mereka dibutuhkan di Indoesia, terlebih di era global yang serba digital saat ini. Pada kegiatan tersebut pula, UT mempersembahkan sebuah buku berjudul UT Membangun Karakter Mandiri Bangsa untuk Melestarikan Bumi.

Pada 2017 ini UT melanjutkan program Go Green dengan membangun tempat pengolahan sampah organik. Selain itu, UT juga meluncurkan produk layanan baru berupa Kredit Pendidikan bagi calon mahasiswanya. Produk layanan kemudahan itu ditujukan untuk para mahasiswa atau calon mahasiswa UT yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi dan meraih gelar sarjana di UT. Rencananya produk itu akan dilaksanakan di awal 2018 mendatang.

Di kegiatan itu pula, sebagai bentuk apresiasi UT kepada mitra dan karyawannya, diadakan pengumuman UT Awards dan Rector Awards. Tahun ini, UT Award jatuh kepada Kepala Dinas (Kadin) Pendidikan PRovinsi Jawa Timur Saiful Rachman sebagai Juara I. Untuk Juara II jatuh kepada Kadin Pendidikan Provinsi Bangka Belitung Muhammad Soleh. Sedangkan Juaran III jatuh kepada Duta Besar RI untuk Qatar Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Basri Sidehabi.

Sedangkan Rector Awards diberikan kepada pegawai UT yang dirasa memenuhi kriteria dalam setiap kategori. Kategori yang ada berupa Kategori UPBJJ-UT Terbaik, Koordinator UPBJJ-UT Berprestasi, Dosen Berprestasi, Ketua Program Studi Berprestasi, Tenaga Pendidikan Pengelola Keuangan Berprestasi, Tenaga Administrasi Akademik Berprestasi, Tenaga Pendidikan Pengelola Aset Berpestasi, dan terakhir Pegawai Teladan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement