Senin 06 May 2019 15:35 WIB

Tiket KA Bandara Direncanakan Terintegrasi dengan Damri

Nantinya penumpang hanya membayar satu kali untuk menggunakan KA Bandara dan Damri.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Gita Amanda
Kondisi dalam Ketera API (KA) Bandara melayani  penumpang yang akan berangkat ke Yogyakarta International Airport (YIA). KA  Bandara ini dioperasikan mulai Senin, (6/5) menyusul Beroperasinya YIA  secara komersial pada Hari yang sama.
Foto: Republika/Silvy Dian Setiawan
Kondisi dalam Ketera API (KA) Bandara melayani penumpang yang akan berangkat ke Yogyakarta International Airport (YIA). KA Bandara ini dioperasikan mulai Senin, (6/5) menyusul Beroperasinya YIA secara komersial pada Hari yang sama.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kereta Api (KA) Bandara menunjang layanan menuju Yogyakarta International Airport (YIA) mulai dioperasikan oleh PT KAI Daop 6, Senin (6/5) ini. Untuk saat ini, pembelian tiket KA Bandara masih secara langsung di stasiun yang menjadi pemberhentian KA Bandara ini.

KA Bandara ini melayani mulai dari Stasiun Maguwo melewati Stasiun Tugu dan Wates menuju Stasiun Wojo. Harga tiket dari Stasiun Maguwo menuju Wojo sebesar Rp 30 ribu.

Baca Juga

Kepala PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto, mengatakan ada tiket khusus yang diberikan kepada penumpang yang menggunakan layanan KA Bandara ini. Namun, belum disiapkan pembelian tiket secara online.

Walaupun begitu, pihaknya akan segera menyiapkan pembelian tiket secara online. Tentunya agar memudahkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang.

"Pemesanan tiket bisa di hari keberangkatan. Tapi nanti bisa online. Hari ini sudah ada penumpang Citilink yang beli di Maguwo dan turun di Wojo," kata Eko di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Senin (6/5).

photo
Kondisi dalam Ketera API (KA) Bandara melayani penumpang yang akan bersngkat ke Yogyakarta International Airport (YIA). KA Bandara ini dioperasikan mulai Senin, (6/5) menyusul Beroperasinya YIA secara komersial pada Hari yang sama.

KA Bandar yang tidak langsung berhenti di YIA, mengharuskan penumpang menggunakan shuttle bus atau Damri menuju YIA. Namun, saat ini tiket untuk menaiki Damri masih dibedakan dengan KA Bandara.

Namun, ada rencana tiket KA Bandara dan Damri dapat diintegrasikan. Sehingga, penumpang hanya perlu membayar satu kali untuk menggunakan KA Bandara dan Damri menuju YIA.

"Nanti ke depan kemungkinan juga harusnya yang lebih simple (terintegrasi) seperti itu. Sehingga lebih praktis dan penumpang lebih gampang. Jadi sekali beli, dia bisa sampai ke tujuan meskipun modanya ganti," kata Eko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement