Jumat 28 Aug 2020 05:00 WIB

Perempuan Menolak Dijodohkan Orang Tua, Apa Kata Syariat?

Perempuan boleh memilih siapa yang akan menjadi pendamping hidupnya.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
Perempuan Menolak Dijodohkan Orang Tua, Apa Kata Syariat?
Perempuan Menolak Dijodohkan Orang Tua, Apa Kata Syariat?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang perempuan yang dijodohkan orang tuanya boleh memilih calon suami yang ditawarkan orang tuanya. Tidak benar wanita tidak boleh memilih dan tidak punya hak pilih untuk calon suami dan berdosa jika menolak dijodohkan dengan orang tidak disukai.

"Padahal tidak begitu. Nyatanya memang syariat memberikan ruang yang luas untuk wanita memilih siapa yang akan menjadi pendamping hidupnya," kata Ustadz Ahmad Zarkasih saat diminta memberikan pendapatnya tentang hukum menolak dijodohkan.

Baca Juga

Ustadz Ahmad mengatakan, dasar hukum anak perempuan boleh menolak dijodohkan dengan orang yang tidak dicintai berdasarkan hadits. Sayyidah ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha meriwayatkan sebuah hadits yang ini direkam dalam beberapa kitab sunan (Ibnu Majah, al-Nasa’i, al-Daroquthni) termasuk musnadnya Imam Ahmad.

"Ada seorang wanita yang mengadu kepada Nabi perihal ayahnya yang menikahkannya secara paksa dengan lelaki yang ia benci. Rasul pun kemudian memanggil sang ayah dan memberikan pilihan kepada si wanita tersebut untuk membatalkan dan memilih siapa yang ia sukai. Lalu wanita tersebut menjawab: “Aku telah membolehkan apa yang dilakukan oleh ayahku, hanya kedatanganku kemari- aku ingin memberitahukan kepada wanita lain wanita juga punya hak!”

Ustadz Ahmad menuturkan, hadits ini jelas sekali memberikan informasi sekaligus penegasan wanita itu tidak hanya diam. Dia boleh memilih, menyeleksi, lalu menolak atau juga menerima siapa yang ia cinta dan menjadi ayah bagi anak-anak yang akan dilahirkannya nanti. 

"Maka, aneh kalau kemudian banyak kalangan yang menakuti-nakuti wanita kalau menolak calon suami yang datang akan berdosa dan terjadi fitnah," katanya.

Padahal ketetapan ulama yang menjadi kesepakatan wanita itu punya hak pilih dan berhak menolak siapa yang tidak ia sukai. Kalau dikatakan fitnah dan berdosa, itu jika laki-laki yang ditolak olehnya adalah laki-laki yang sekufu (sepadan) dengannya. 

Kalau yang datang bukanlah laki-laki sekufu, maka tidak ada dosa bagi si wanita. Justru kalau dipaksakan, maka yang memaksakan tersebut, baik itu orang tua, atau keluarga, telah berbuat kezaliman kepada anak perempuannya.

"Dan layak pihak tersebut mendapat dosa atas kezaliman tersebut," katanya.

Baca juga: 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا جَعَلْنَآ اَصْحٰبَ النَّارِ اِلَّا مَلٰۤىِٕكَةً ۖوَّمَا جَعَلْنَا عِدَّتَهُمْ اِلَّا فِتْنَةً لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْاۙ لِيَسْتَيْقِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَيَزْدَادَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِيْمَانًا وَّلَا يَرْتَابَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَالْمُؤْمِنُوْنَۙ وَلِيَقُوْلَ الَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌ وَّالْكٰفِرُوْنَ مَاذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِهٰذَا مَثَلًاۗ كَذٰلِكَ يُضِلُّ اللّٰهُ مَنْ يَّشَاۤءُ وَيَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُۗ وَمَا يَعْلَمُ جُنُوْدَ رَبِّكَ اِلَّا هُوَۗ وَمَا هِيَ اِلَّا ذِكْرٰى لِلْبَشَرِ ࣖ
Dan yang Kami jadikan penjaga neraka itu hanya dari malaikat; dan Kami menentukan bilangan mereka itu hanya sebagai cobaan bagi orang-orang kafir, agar orang-orang yang diberi kitab menjadi yakin, agar orang yang beriman bertambah imannya, agar orang-orang yang diberi kitab dan orang-orang mukmin itu tidak ragu-ragu; dan agar orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (berkata), “Apakah yang dikehendaki Allah dengan (bilangan) ini sebagai suatu perumpamaan?” Demikianlah Allah membiarkan sesat orang-orang yang Dia kehendaki dan memberi petunjuk kepada orang-orang yang Dia kehendaki. Dan tidak ada yang mengetahui bala tentara Tuhanmu kecuali Dia sendiri. Dan Saqar itu tidak lain hanyalah peringatan bagi manusia.

(QS. Al-Muddassir ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement