Kamis 21 Jan 2021 16:58 WIB

Lima Film Tom Cruise Berbiaya Produksi Termahal

Film termahal yang dimainkan Tom Cruise sekaligus menjadi capaian terburuknya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Tom Cruise
Foto: AP
Tom Cruise

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Tom Cruise bisa dikatakan sebagai salah satu bintang film paling terkenal dan mahal di dunia selama beberapa dekade. Ada banyak aktor lain yang memiliki karismatik seperti Cruise, namun hanya sedikit aktor yang bisa tetap eksis di Hollywood.

Nama Tom Cruise mulai diperhitungkan di industri pada awal 1980-an. Setelah itu, kariernya kian melesat dan memantapkan dirinya sebagai salah satu aktor terbaik Hollywood bahkan hingga kini.

Selama perjalanan kariernya, ada banyak film yang dia bintangi. Namun jika diurut, berikut film Cruise dengan anggaran paling tinggi seperti dilansir di laman Screen Rant pada Kamis (21/1):

1. The Mummy (2017): 195 Juta dolar AS

Film ini merupakan reboot dari waralaba The Mummy (1999). Ini juga dimaksudkan sebagai film pembuka Dark Universe, dunia yang dibangun Universal seperti bagaimana Marvel membangun dunia pahlawan super-nya. Sayangnya, film tersebut memiliki ulasan yang buruk dan dianggap sebagai film yang tidak memiliki prospek bagus.

Meski tidak diketahui pasti anggaran film itu, namun diperkirakan biaya produksinya mencapai 195 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,7 triliun. Film The Mummy menjadikannya film termahal dalam karier Tom Cruise, sekaligus capaian terburuknya.

2. Edge Of Tomorrow (2014): 178 Juta dolar AS

Pada 2014, Tom Cruise membintangi film fiksi ilmiah dari Doug Liman bertajuk Edge of Tomorrow. Film yang diadaptasi dari novel Jepang All You Need Is Kill bercerita tentang bumi yang telah porak poranda akibat penyerangan oleh alien. Koalisi pertahanan yang diusung untuk mempertahankan kelangsungan hidup umat manusia pun dibentuk dan akan menghadapi pertempuran di garis pertahanan terdepan di pesisir Perancis.

Cruise berperan sebagai Major William Cage yang bisa bangkit kembali dari kematiannya. Film ini juga menghabiskan dana produksi yang fantastis yakni 178 juta dolar AS atau sekitar RP 2,4 miliar.

3. Mission: Impossible - Fallout (2018): 178 juta dolar AS

Para kritikus dan penggemar sepakat bahwa film Mission: Impossible – Fallout menjadi film yang terbaik. Berkat ini, sutradara Christopher McQuarrie telah menandatangani kontrak untuk membuat dua film lagi, salah satunya adalah Mission: Impossible 7 yang saat ini masih syuting.

Film ini dibuat dengan anggaran selangit yaitu 178 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,4 miliar. Sejauh ini, film Mission: Impossible – Fallout menjadi film termahal dari waralaba Mission: Impossible.

4. Mission: Impossible - Rogue Nation (2015): 150 Juta dolar AS

Seri Mission: Impossible ini juga mendapat sambutan baik dari para kritikus dan penggemar. Film ini menjadi sekuel dari Ghost Protocol. Dalam Rogue Nation ini para agen menghadapi tantangan yang kian rumit. Sebab para agen yang tersisa kembali diburu oleh organisasi hitam sindikat.

Untuk anggaran, sepertinya semua film Mission: Impossible dibuat dengan anggaran yang fantastis. Untuk serial ini menghabiskan dana sebesar 150 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,1 triliun.

5. Mission: Impossible III (2006): 150 juta dolar AS

Disutradarai oleh J.J. Abrams, Mission: Impossible III menjadi film ketiga dari seri aksi agen rahasia Amerika ini. Karakter Ethan Hunt masih dipercayakan kepada Tom Cruise. Di seri kali ini Ethan Hunt masih menjadi agen IMF yang ditugaskan untuk menyelamatkan seorang operatif dalam penculikan.

Film Mission: Impossible III juga membuktikan bahwa serial tersebut dapat bersaing dengan film seperti James Bond. Film dengan biaya produksi 150 juta dolar AS ini juga mendapat ulasan yang baik dari para kritikus.

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement