Selasa 14 Sep 2021 07:14 WIB

PM Israel Puji Pertemuannya dengan Presiden Mesir

Mesir mendukung semua upaya mencapai perdamaian komprehensif di Timur Tengah.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
PM Israel Puji Pertemuannya dengan Presiden Mesir. Perdana Menteri Israel Naftali Bennett.
Foto: AP/Abir Sultan/Pool European Pressphoto Agenc
PM Israel Puji Pertemuannya dengan Presiden Mesir. Perdana Menteri Israel Naftali Bennett.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Perdana Menteri Israel Naftali Bennett menyanjung pertemuannya dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, Senin (13/9). Kunjungan Bennett merupakan lawatan resmi pertama pemimpin pemerintahan Israel ke Mesir dalam satu dekade.

Bennett bertemu Sisi di resor Laut Merah Sharm el-Sheikh. Ada beberapa bidang yang mereka bahas, mencakup diplomasi, keamanan, dan ekonomi.

Baca Juga

“Kami menciptakan fondasi untuk koneksi yang mendalam ke depan,” kata Bennett.

Menurut keterangan yang dirilis kantor kepresidenan Mesir, dalam pertemuan dengan Bennett, Sisi turut mengusung isu Palestina. Sisi menyinggung upaya Mesir untuk menjaga ketenangan di wilayah Palestina, khususnya Jalur Gaza.

“(Sisi) menegaskan dukungan Mesir untuk semua upaya mencapai perdamaian komprehensif di Timur Tengah, sesuai dengan solusi dua negara,” kata kantor kepresidenan Mesir.

Pada 10-21 Mei lalu, Israel terlibat pertempuran dengan Hamas yang mengontrol Gaza. Ketegangan yang terjadi di kompleks Masjid Al-Aqsa menjadi salah satu pemicu pecahnya konfrontasi antara kedua belah pihak. Gempuran Israel selama 11 hari ke Gaza menyebabkan sedikitnya 270 warga di sana tewas.

Sementara korban luka dilaporkan mencapai lebih dari 1.900 orang. Sedangkan Israel melaporkan 12 korban jiwa akibat serangan Hamas. 

Israel dan Hamas akhirnya menyepakati gencatan senjata. Hal itu tercapai berkat bantuan Mesir yang memediasi kedua belah pihak. Itu bukan kali pertama Mesir mendinginkan tensi antara Israel dan Hamas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement