Kamis 16 Dec 2021 09:48 WIB

Pemesanan Tiket Kereta di Jepang Meningkat

JR Group catat pemesanan tiket kereta jelang libur akhir tahun meningkat 81 persen.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Kereta api supercepat Shinkansen (ilustrasi). Japan Railways (JR) Group mengalami peningkatan pemesanan tiket kereta api menjelang masa libur Natal dan Tahun Baru 2021/2022.
Foto: Railway-technology.
Kereta api supercepat Shinkansen (ilustrasi). Japan Railways (JR) Group mengalami peningkatan pemesanan tiket kereta api menjelang masa libur Natal dan Tahun Baru 2021/2022.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO – Japan Railways (JR) Group mengalami peningkatan pemesanan tiket kereta api menjelang masa libur Natal dan Tahun Baru 2021/2022. Dikutip dari Japan Today, Rabu (15/12), JR Group mencatat pemesanan tiketnya menjelang libur akhir tahun meningkat hingga 81 persen dibandingkan periode yang sama pada 2020.

JR Group mencatat sebanyak 2,32 juta kursi sudah dipesan untuk periode 28 Desember 2021 hingga 5 Januari 2022. Angka tersebut merupakan total pemesanan dari enam perusahaan kereta api penumpang yang ada di dalam JR Group.

Baca Juga

Meskipun menunjukkan peningkatan, angka tersebut masih turun jika dibandingkan periode sebelum pandemi yakni 2019-2020. Hanya saja, hal tersebut dinilai mulai menandakan redanya kekhawatiran publik terhadap pandemi Covid-19.

Peningkatan pemesanan tiket kereta juga menambah bukti bahwa aktivitas ekonomi dan sosial mulai pulih. Khususnya setelah keadaan darurat di Tokyo dan kota-kota besar lainnya dicabut pada September 2021.

Meskipun begitu, rata-rata 258 ribu pemesanan kursi harian per hari masih menjadi terendah keenam sejak data pembanding tersedia pada tahun fiskal 1996. Puncak peningkatan perjalanan diperkirakan akan terjadi pada 30 Desember 2021 dan 3 Januari 2022.

Reservasi untuk kereta di jalur Tokaido Shinkansen dan Sanyo Shinkansen yang melewati kota-kota besar Jepang seperti Tokyo, Nagoya, Osaka dan Fukuoka mengalami peningkatan. Bahkan peningkatan terjadi hingga sekitar dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Operator kereta api termasuk East Japan Railway meminta penumpang untuk membuat rencana lebih awal. Sebab diperkirakan peningkatan pemesanan tiket terjadi pada menit terakhir sebelum akhir tahun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement