Ahad 30 Jan 2022 22:22 WIB

Juarai Australia Terbuka 2022, Nadal Lewati Pencapaian Djokovic dan Federer

Pada partai final, Nadal menumbangkan unggulan kedua Daniil Medvedev.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Rafael Nadal dari Spanyol memegang Piala Tantangan Norman Brookes setelah mengalahkan Daniil Medvedev dari Rusia di final tunggal putra kejuaraan tenis Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Ahad (30/1/2022).
Foto: AP/Simon Baker
Rafael Nadal dari Spanyol memegang Piala Tantangan Norman Brookes setelah mengalahkan Daniil Medvedev dari Rusia di final tunggal putra kejuaraan tenis Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Ahad (30/1/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Rafael Nadal berhasil menjuarai turnamen Grand Slam Australia terbuka 2022. Pada partai final, Nadal menumbangkan unggulan kedua Daniil Medvedev 2-6, 6-7 (5-7), 6-4, 6-4, 7-5 di Rod Laver Arena, Melbourne, Ahad (30/1) petang WIB.

Keduanya bermain selama lima jam 24 menit. Sejak set pertama, Medvedev tampil gemilang. Kejar mengejar poin hanya terhenti sampai angka 2-2. Setelahnya ia menjauh hingga memimpin 6-2.

Baca Juga

Pada set kedua, Nadal berupaya bangkit. Petenis peringkat lima dunia ini sempat memimpin 4-1. Namun secara luar biasa, Medvedev terus mengejar hingga menyamakan kedudukan 6-6. Ia akhirnya berbalik unggul lewat tie break 7-5.

Pada set ketiga, pertarungan ketat terjadi. Kejar mengejar poin terlihat hingga skor 4-4. Tak ingin kecolongan lagi, Nadal menyudahi tahapan ini dengan keunggulan 6-4.

Duel berlanjut ke set keempat. Nadal di atas angin. Ia mampu memimpin 6-4 sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Pada set penentuan, petenis 35 tahun ini unggul 7-5.

Hasil tersebut membuat Nadal berhasil melewati Roger Federer dan Novak Djokovic. Ini konteksnya tentang jumlah gelar para jawara itu, pada turnamen Grand Slam. Nadal mengoleksi 21 gelar. Sementara Federer dan Djokovic memiliki 20 gelar.

Nadal memperbaiki statistiknya di final Australia Terbuka. Sudah enam kali ia berada di tahapan ini. Sebanyak empat di antaranya berakhir dengan kekalahan. Dua final lainnya berhasil dimenangkan.

Kemenangan perdana terjadi pada 2009 lalu. Saat itu, ia menumbangkan Federer. Kali ini berjaya atas Medvedev lewat sebuah pertarungan ketat. 

Medvedev mengalami kekalahan di partai final Australia Open secara beruntun. Pada 2021 lalu, ia ditaklukkan Djokovic.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement