Senin 07 Feb 2022 12:14 WIB

Angelina Jolie Berbagi Surat dari Gadis Afghanistan Berisi Curhatan Soal Taliban

Gadis itu mengatakan dia tidak bisa kembali ke sekolah sejak Taliban merebut kekuasaan.

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Partner
.
.

Aktris Angelina Jolie. EPA
Aktris Angelina Jolie. EPA

MAGENTA -- Aktris Angelina Jolie meminta pengikut media sosialnya untuk menyadari kekejaman yang dilakukan di Afghanistan. Pada Sabtu pekan lalu, aktris dan aktivis kemanusiaan berusia 46 tahun itu membagikan surat pribadi yang dia terima dari seorang wanita muda di Afghanistan.

"Seorang wanita muda di #Afghanistan mengirimi saya surat ini. Saya melindungi identitasnya, tetapi dia tidak bisa kembali ke sekolah sejak Taliban merebut kekuasaan," Jolie memulai postingannya.

Memperhatikan bahwa wanita di Afghanistan ditangkap hanya karena mengambil bagian dalam protes damai, bintang Maleficent itu mengatakan gadis muda itu menulis: "Saya mungkin tidak akan pernah bisa pergi ke luar lagi atau bahkan dapat berbicara karena saya seorang gadis."

Jolie kemudian membagikan kutipan lain dari surat wanita muda itu. "Saya merasa perempuan tidak punya hak untuk berbicara atau menyampaikan kata-kata mereka," tulis perempuan yang identitasnya diburamkan itu.

Wanita yang menulis surat kepada Jolie kemudian merinci sebuah contoh bahwa beberapa pekan yang lalu Taliban menangkap dua wanita yang bersuara karena meminta hak-hak wanita dan kebebasan. "Saya hanya berpikir, bahwa ini adalah akhirnya," kata perempuan itu.

Jolie menutup keterangannya dengan permohonan. "Tolong lacak apa yang terjadi di Afghanistan, di mana perempuan muda diambil dari rumah mereka pada malam hari dengan todongan senjata dan menghilang, dan pembatasan baru diberlakukan pada kebebasan perempuan dan anak perempuan dari hari ke hari," tulis ibu enam anak ini, dilansir di People, Ahad (6/2/2022).

"Tolong bantu memastikan mereka tidak dilupakan," kata Jolie.

Dia juga menyoroti aktivis hak-hak perempuan yang hilang di Afghanistan, termasuk Alia Azizi, Parwana Ibrahimkhel, Mursal Ayar, Zahra Mohammadi, dan Tamana Zaryab Paryani beserta tiga saudara perempuannya. Jolie memulai debutnya di Instagram Agustus tahun lalu. Saat itu, dia membagikan surat yang berbeda dari wanita muda lain yang mengungkapkan ketakutannya akan masa depan setelah Taliban mengambil alih Afghanistan.

Jolie menambahkan dia akan tetap aktif dalam perjuangannya membantu para wanita Afghanistan. "Seperti orang lain yang berkomitmen, saya tidak akan berpaling. Saya akan terus mencari cara untuk membantu. Dan saya harap Anda akan bergabung dengan saya," katanya.

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement