Rabu 09 Mar 2022 14:45 WIB

Disdik Jabar Rancang Mata Pelajaran Anti-Korupsi

Mata pelajaran anti-korupsi berlaku di SMA/SMK dan SLB di Jabar

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nur Aini
Anti Korupsi (Ilustrasi). Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan pihaknya merancang mata pelajaran antikorupsi sebagai pendidikan karakter bagi siswa di wilayah setempat.
Foto: Fanny Octavianus/Antara
Anti Korupsi (Ilustrasi). Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan pihaknya merancang mata pelajaran antikorupsi sebagai pendidikan karakter bagi siswa di wilayah setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan pihaknya merancang mata pelajaran antikorupsi sebagai pendidikan karakter bagi siswa di wilayah setempat. Pelajaran itu juga merupakan gerakan antikorupsi sejak dini.

“Isu antikorupsi menjadi salah satu yang dibahas dalam Presidensi G20 Indonesia 2022. Ini menjadi momentum dibentuknya komitmen bersama memberantas korupsi secara global,” ujar Dedi Supandi, Rabu (9/3/2022) 

Baca Juga

Dedi mengatakan, pendidikan antikorupsi sebagai pendidikan karakter Jawa Barat. Karakter adalah watak, perilaku dan budi pekerti yang menjadi ruh dalam pendidikan. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik).

"Melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga tersebut, diharapkan dapat mengubah sosok pribadi bangsa Indonesia dalam cara berpikir, cara bertindak, dan berperilaku menjadi lebih baik dan berintegritas," katanya.

Selain itu, kata dia, penguatan pendidikan karakter di Jawa Barat dikembangkan melalui pembiasaan nilai-nilai karakter kearifan lokal program Jabar Masagi. Masagi merupakan filosofis masyarakat Jawa Barat yang berarti manusia Masagi atau manusia utuh dari segi Rasa, Karsa, Raga dan Cipta (Ki Hajar Dewantara) , atau manusia yang Surti, Harti, Bukti dan Bakti. 

Empat kata tersebut, kata dia, membentuk titik yang terhubung satu sama lain membentuk bujur sangkar dengan sisi yang sama dan sebangun atau istilah lainnya adalah Masagi, utuh, holistik. Gambaran manusia utuh atau masagi itu yang menurut budaya Jawa Barat adalah manusia yang bagja/bahagia.

Kabagjaan yang diharapkan, kata dia, dapat tumbuh dan berkembang di semua satuan pendidikan khususnya yang ada di wilayah Provinsi Jawa Barat. Sehingga, hal itu akan melahirkan profil pelajar Jawa Barat yang memiliki karakter berpikir positif atau kepositifan, kekerabatan dalam relasi sosial, ketercapaian, kekuatan kompetensi, kebermaknaan, keterlibatan dalam setiap aktivitas. Siswa juga diharapkan memiliki ketahanan mental dalam menghadapi segala rintangan dan tantangan.

Sebagai panduan bagi peserta didik, kata dia, pihaknya telah membuat modul yang nantinya akan masuk dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) 2022. Modul Inseri ini berisi pendidikan antikorupsi dan merupakan bagian untuk pembiasaan karakter kearifan lokal bagi peserta didik. 

“Modul ini akan digunakan di seluruh sekolah jenjang SMA/SMK dan SLB di Jabar. Kita juga sudah ada juga Peraturan Gubernur Nomor 60 tahun 2019 tentang Pendidikan Antikorupsi pada Satuan Pendidikan,” katanya.

Menurutnya, pola pengajaran pendidikan antikorupsi harus dilakukan secara serius dan berkelanjutan. Sehingga, anak muda Indonesia nantinya menjadi generasi yang bersih dari korupsi. 

“Momentun G20 ini bisa menjadi gong dalam implementasi pemberantasan korupsi. Agar dunia mengetahui keseriusan Indonesia memberantas praktik korupsi,” katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement