Senin 06 Jun 2022 11:16 WIB

Perdana Menteri Albanase Menantikan Diskusi Produktif dengan Jokowi

PM Albanese memilih Indonesia sebagai destinasi pertama kunjungan bilateralnya.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese
Foto: Lukas Coch/AAP Image via AP
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perdana Menteri Australia Anthony Albanese tiba di Jakarta pada Senin (6/6/2022) ini. Ia bertemu Presiden Joko Widodo dan akan  memperkuat hubungan antara dua negara tetangga.

Albanese memilih Indonesia sebagai destinasi pertama kunjungan bilateralnya. Ia diperkirakan membahas perdagangan, investasi, perubahan iklim. dan keamanan dengan Jokowi.

Baca Juga

Pemerintah baru Australia yang mengakhiri kekuasaan konservatif selama hampir sembilan tahun pada 21 Mei lalu, ingin memperkuat fokus hubungan dengan Asia Tenggara dan perubahan iklim. Isu penting bagi negara tetangganya di Pasifik sambil menghadapi menguatnya pengaruh China di kawasan.

"Saya menantikan diskusi produktif mengenai prioritas bersama kami pada iklim dan energi, investasi, dan keamanan regional," kata Albanase di Twitter.

Delegasi yang ikut rombongan ini antara lain Menteri Perdagangan Don Farrell, Menteri Luar Negeri Penny Wong, dan Menteri Sains dan Industri Ed Husic. Wong yang sebelumnya mengatakan Indonesia tidak mendapat cukup banyak perhatian dari mantan erdana menteri Scott Morrison bertemu Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi Ahad (5/6/2022).

Albanese juga dijadwalkan bertemu Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jcok Hoi di Jakarta. Sebelum berangkat ke Makassar.

Perdana menteri Australia itu sudah mengungkapkan keinginannya untuk memperkuat hubungan dengan ASEAN. Di tengah persaingan geopolitik di Pasifik, ia mengatakan kunjungannya menegaskan pentingnya hubungan Indonesia-Australia bagi Canberra.

"Kami memiliki pemimpin bisnis yang serius dari Australia di sini karena mereka ingin memperdalam hubungan ekonomi antara Australia dan Indonesia," katanya kepada wartawan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَقَدْ كَفَرَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الْمَسِيْحُ ابْنُ مَرْيَمَۗ قُلْ فَمَنْ يَّمْلِكُ مِنَ اللّٰهِ شَيْـًٔا اِنْ اَرَادَ اَنْ يُّهْلِكَ الْمَسِيْحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَاُمَّهٗ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا ۗوَلِلّٰهِ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا ۗ يَخْلُقُ مَا يَشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Sungguh, telah kafir orang yang berkata, “Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam.” Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al-Masih putra Maryam beserta ibunya dan seluruh (manusia) yang berada di bumi?” Dan milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya. Dia menciptakan apa yang Dia Kehendaki. Dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

(QS. Al-Ma'idah ayat 17)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement