Sabtu 09 Jul 2022 12:42 WIB

Warga Muslim Papua Sebagian Pilih Sholat Idul Adha pada Sabtu

Warga melaksanakan sholat Id di halaman gedung pascasarjana Universitas Cenderawasih.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah umat Islam melaksanakan Shalat Idul Adha di halaman Jakarta International Equestrian Park (JIEP) Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu (9/7/2022).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah umat Islam melaksanakan Shalat Idul Adha di halaman Jakarta International Equestrian Park (JIEP) Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu (9/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Sebagian warga Muslim di wilayah Provinsi Papua memilih mnunaikan sholat Idul Adha 1443 Hijriyah pada Sabtu (9/7/2022) pagi WIT. Hal itu lebih awal dari waktu perayaan Raya Idul Adha1443 Hijriyah yang ditetapkan pemerintah pada Ahad (10/7/2022).

Di Kota Jayapura, ibu kota Provinsi Papua, warga Muslim melaksanakan sholat Id di halaman parkir gedung pascasarjana Universitas Cenderawasih (Uncen). Ustadz H Umar Bauw al Bintuni menjadi imam dan Ustadz H Merza Edy Nadzari bertindak sebagai khotib dalam pelaksanaan sholat Idul Adha di kompleks Uncen

Wakil Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Papua Suwito mengatakan, warga Muhammadiyah di tujuh daerah lain di Papua juga melaksanakan sholat Idul Adha pada Sabtu. Menurut dia, di antara jamaah Muhammadiyah di Papua ada yang melaksanakan sholat Idul Adhadi Masjid Al Hikmah di Bambu Pemali, Kabupaten Merauke dan halaman asrama putra panti asuhan Muhammadiyah Arso di Kabupaten Keerom.

Baca: Prof Abdul Mu'ti Ungkap Jasa Besar Tjahjo Kumolo Bagi Muhammadiyah

Ada juga yang sholat di kompleks Griya Rasen, Sentani, Kabupaten Jayapura serta sholat di halaman SMP/SMK Muhammadiyah Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen.

Suwito mengatakan, setelah pelaksanaan sholat Id, pengurus Muhammadiyah Kota Jayapura melakukan penyembelihan hewan kurban. Dosen Uncen tersebut menuturkan, ada 17 sapi dan dua kambing yang disembelih pada Sabtu dan Ahad, di beberapa lokasi penyembelihan hewan kurban di Kota Jayapura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement