Ahad 10 Jul 2022 05:03 WIB

PAM Jaya: Fasilitas Wudhu di JIS Berkapasitas 20 Ribu Orang

Jamaah di JIS saat Idul Adha diprediksi dua kali lebih banyak dari saat Idul Fitri.

Red: Ratna Puspita
Ilustrasi. PAM Jaya menyediakan fasilitas wudhu dengan kapasitas hingga 20 ribu orang untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) pada Ahad (10/7/2022).
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Ilustrasi. PAM Jaya menyediakan fasilitas wudhu dengan kapasitas hingga 20 ribu orang untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) pada Ahad (10/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, Perumda Air Minum Jakarta Raya (PAM Jaya) menambah fasilitas wudhu dengan kapasitas hingga 20 ribu orang untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) pada Ahad (10/7/2022). PAM Jaya telah menyiapkan fasilitas berupa 10 armada mobil tangki. 

Direktur Pelayanan PAM Jaya Syahrul Hasan mengatakan, armada itu ada di parkir ramp timur sebanyak tiga unit, di parkir ramp barat (4) dan tiga lainnya tersebar di sekeliling JIS. "10 armada itu, Insya Allah bisa memfasilitasi kurang lebih sampai 20 ribu jamaah," kata Syahrul  di JIS, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (9/7/2022).

Baca Juga

Di JIS, tempat wudhu tersebar di empat tangga (grand stair) timur dan barat serta empat unit toilet. Tambahan 10 armada mobil tangki oleh PAM Jaya semakin menambah jumlah keran yang dapat digunakan oleh jamaah Shalat Id di JIS.

Syahrul mengatakan, untuk di satu mobil tangki saja, ada 10 keran yang bisa digunakan masing-masing lima keran di sebelah kiri dan kanan badan mobil. "Selain itu, agar menjaga supaya setelah wudhu tidak basah, kami juga pakai semacam alat begitu ya, sekitar 30 sentimeter begitu di area mobil, supaya jamaah menginjak tidak basah-basahan," katanya.

Syahrul mengatakan, dukungan PAM Jaya berupa enam armada mobil tangki pada Idul Fitri 1443 Hijriah yang lalu sebetulnya sudah mencukupi. Namun kali ini, diprediksi jamaah yang mengikuti shalat di JIS saat Idul Adha dapat dua kali lebih banyak.

"Idul Fitri dan Idul Adha ini berbeda. Karena kan dihitung atau dikaji dari Pemprov DKI, bisa dua kali lipat jamaah yang hadir. Makanya kami 'provide'untuk Idul Adha 1443 Hijriah itu sebanyak 10 mobil tangki atau 10 armada," kata Syahrul.

Kendati demikian, adanya mobil tangki sifatnya hanya sebagai fasilitas pendukung saja. Sebab, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengimbau agar jamaah Shalat Idul Adha di JIS melaksanakan wudhu dari rumah.Artinya bisa saja jamaah nanti berangkat dalam keadaan sudah wudhu. 

"Fasilitas wudhu tambahan bisa diperlukan sewaktu-waktu," katanya.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha di JIS sama dengan pelaksanaan Shalat Idul Fitri yang diadakan di ramp barat hingga "concourse" selatan dengan estimasi kapasitas 20 ribu orang.Jamaah Dhalat Id di JIS diingatkan tidak perlu khawatir soal arah kiblat karena corak lantai stadion internasional di Jakarta Utara itu sudah membentuk garis-garis saf shalat yang mengarah kiblat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement