Ahad 24 Jul 2022 10:11 WIB

Masyarakat Pesisir Selatan Jatim Diminta Waspadai Gelombang Tinggi

Arah angin didominasi dari Timur menuju Tenggara.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Israr Itah
Gelombang tinggi (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Gelombang tinggi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kemaritiman Tanjung Perak, Surabaya, menyampaikan prakiraan kondisi cuaca maritim untuk wilayah perairan Jawa Timur. Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, Sutarno menjelaskan, untuk kondisi cuaca di sebagian besar wilayah perairan Jawa Timur cenderung berawan.

Kemudian untuk kondisi arah angin, lanjut Sutarno, didominasi dari Timur menuju Tenggara. "Kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian Timur dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 21 knots atau sekitar 39 kilometer per jam," ujar Sutarno tertulis, Ahad (24/7).

Baca Juga

Selanjutnaya untuk kondisi gelombang, Sutarno menjelaskan, ketinggian gelombang laut di Selat Madura berkisar anatara 0.3 meter hingga 1.3 meter. Kemudian untuk ketinggian gelombang laut Jawa bagian timur antara 0.5 meter hingga 2.5 meter dan Samudera Hindia di Selatan Jatim antara 1.5 meter hingga 5.5 meter.

"Waspada tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim," ujarnya.

Sementara itu, BMKG Juanda, Sidoarjo memperkirakan untuk cuaca sebagian besar wilayah Jawa Timur dan sekitarnya cerah dan berawan mulai pagi hingga malam hari. Suhu udara berkisar antara 14 drajat selsius hingga 34 drajat selsius dengan kelembapan udara antara 50 hingga 95 persen. Arah angin didominasi dari Tenggara menuju Timur dengan kecepatan 5 hingga 30 kilometer per jam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement