Nasib Pendidikan Muslim India Pascaruntuhnya Dinasti Islam
Muslim di India mengalami kesulitan dalam pendidikan
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Hasil kebijakan pendidikan baru yang diperkenalkan Inggris di India, melahirkan kelas menengah baru di tengah masyarakat tradisional. Itu merupakan produk pendidikan barat dan hampir tak ada kalangan muslim di dalamnya.
Mereka menghindari pendidikan barat, menjauhi perdagangan dan industri serta ketaatan mereka pada cara-cara feodal, menjadi awal bagi orang Hindu India yang mereka manfaatkan dan pertahankan.
Kebijakan Inggris cenderung pro-Hindu dan anti-Islam, kecuali di Punjab, Muslim lebih mudah menyerap pendidikan Barat daripada di tempat lain. Namun, mereka menyadari cara mendominasi anak muda di salah satu negara paling luas di dunia itu adalah dengan menyeimbangkan kekuatan dominan.
Di sisi lain, Muslim, yang belum melupakan hari-hari besar Kekaisaran Mughal, mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan status minoritas di antara populasi. Salah satu intelektual Muslim di India, Sir Syed Ahmad, menyadari perlunya mendidik Muslim di India menggunakan bahasa Inggris.
Syed Ahmad adalah seorang reformis yang ingin mendamaikan pemikiran ilmiah modern dalam Islam. Dia menunjukkan kesamaan dasar antara Islam dan Kristen. Di atas segalanya, dia sangat ingin mendorong jenis pendidikan baru.
Permulaan gerakan nasional membuatnya takut, karena dia mengira bahwa setiap penentangan terhadap pemerintah Inggris akan menghilangkan bantuan mereka dalam program pendidikannya.
Mengingat kebutuhan pendidikan umat Islam, dia mendirikan Aligarh College dan mencoba untuk membuat Muslim India layak dan berguna sebagai subyek mahkota Inggris. Dia memulai 'Gerakan Aligarh' untuk menyebarkan pendidikan Barat di kalangan Muslim tanpa melemahkan kesetiaan mereka kepada Islam.
Gerakan ini bertujuan untuk mengembangkan komunitas sosial dan budaya yang berbeda di antara Muslim India pada garis modern. Dia mengutuk poligami dan larangan sosial terhadap pernikahan janda, padahal dibolehkan oleh Islam.
Dilansir dari Pakistan Today, dilihat dari sudut pandang komunal, gerakan tersebut pada hakikatnya merupakan gerakan reaksioner kelas atas Muslim terhadap keistimewaan yang dinikmati oleh kelas menengah Hindu. Sir Syed Ahmad memiliki ketakutan bahwa kemajuan umat Hindu di segala bidang akan mengakibatkan dominasi.
Pada awal fase pasca-Pemberontakan, Muslim India ragu-ragu ke mana harus berpaling. Terlepas dari Gerakan Aligarh Sir Syed Ahmad Khan dan Gerakan Ahmadiyah yang didirikan Mirza Ghulam Ahmad, kaum intelektual Muslim pada awalnya terdiri dari tuan tanah atau bagian tertentu dari kelas atas. Mereka tidak menyentuh massa perkotaan atau pedesaan, yang sama sekali terputus dari kelas atas mereka dan jauh lebih dekat dengan massa Hindu.
Kaum intelektual Hindu, karena komposisi kelas menengahnya, dapat mencari inspirasi dari tulisan Bentham, J S Mill dan Comte. Mereka mengembangkan pandangan yang progresif dan kritis. Namun di sisi lain, kaum intelektual Muslim tetap konservatif dan khawatir jika ide-ide semacam itu dibiarkan menyebar di kalangan umat Islam, akan berdampak buruk.
Para pemimpin Muslim saat itu gagal memobilisasi massa Muslim untuk menguntungkan mereka terutama karena mereka adalah produk dari pendidikan tradisional lama.
Namun, bagi umat Islam, pemberontakan 1857-1858 menandai matinya tradisi lama dan adaptasi terhadap lingkungan baru, dan penggunaan kekuatan baru yang ikut bermain, penerimaan instrumen kemajuan baru yang telah diciptakan melalui Pendidikan bahasa Inggris. Tak lama kemudian umat Islam juga muncul di bidang perdagangan dan industri.
Kebijakan Inggris terhadap Muslim India juga mengalami perubahan bertahap. Perubahan ini pada dasarnya disebabkan kebijakan keseimbangan dan bertentangan yang dikejar Inggris.
Terutama setelah pembentukan Kongres Nasional India pada 1885, kebijakan Inggris secara pasti menjadi pro-Muslim, atau lebih tepatnya berpihak pada elemen-elemen di antara kaum Muslim yang menentang gerakan nasional.
Tahun-tahun awal abad ke-20 terjadi dua jenis tren di antara kaum intelektual Muslim, yang satu terutama di antara elemen yang lebih muda, mengarah pada nasionalisme, sedangkan yang lainnya adalah penyimpangan dari masa lalu India. Agama lama bertumpu pada rendahnya tingkat perkembangan ekonomi dan budaya masyarakat lama. Itu harus direnovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baru.
Itu harus direvisi dalam semangat prinsip-prinsip nasionalisme, demokrasi, sikap hidup optimis dan positif, bahkan filosofi rasionalis. Kemajuan nasional menjadi tujuan utama dari agama-agama yang direkonstruksi ini.
Ketika agama itu sendiri tidak ditolak atau direformasi, nasionalisme diidentikkan dengan agama. Karena reformasi agama dalam Islam berlangsung dalam skala yang sangat kecil, kecenderungan ke arah nasionalisme diidentikkan dengan agama itu sendiri. Dan itu menjadi nyata di kalangan generasi muda Muslim.
Selanjutnya, pada 1906, pemerintah Inggris menghapuskan sentimen Muslim lewat Liga Muslim India. Sebuah partai politik yang menjadi kunci utama didirikannya Pakistan, sebagai negara Islam di India.
Meskipun dibentuk untuk mengisolasi Muslim dari arus nasionalis dan program Kongres Nasional India, ia tidak dapat mengabaikan tekanan generasi muda yang mendekati Kongres. Agak tidak mau membiarkan generasi baru menyendiri, itu mengubah keyakinan kesetiaannya kepada pemerintah dan mendukung tuntutan pemerintahan sendiri untuk India.
*Naskah ini merupakan artikel Adeel Mukhtar Mirza, peneliti Islamabad Policy Research Institute (IPRI) yang tayang di Pakistan Today. Sumber: https://www.pakistantoday.com.pk/2020/10/21/british-education-and-muslim-alienation/