Selasa 14 Apr 2020 15:20 WIB

Peneliti Usulkan Asal Objek Galaksi Oumuamua

Ilmuwan menduga Oumuamua adalah pecahan yang tersisa

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Oumuamua, Benda langit yang pernah disangka kapal Alien
Foto: Euronews/M Kornmesser ESO via AFP-Getty Image
Oumuamua, Benda langit yang pernah disangka kapal Alien

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Ilmuwan mengusulkan asal usul benda langit yang  dinamakan 'Oumuamua' . Oumuamua merupakan objek antarbintang pertama yang tercatat berkunjung ke Tata Surya kita. Ilmuwan masih penasaran jenis apakah benda ini, apakah komet atau asteroid atau jenis benda lain. Benda ini pernah disangka sebagai kapal alien.

Keberadaan Oumuamua pertama diketahui pada 19 September 2017 saat astronom Robert Weryck dari University of Hawaii's Institute for Astronomy sedang menggunakan teleskop Pan-STARRS. Oumuamua yang terlihat melewati matahari adalah satu-satunya benda angkasa yang diketahui mendatangi tata surya kita yang berasal dari galaksi lain.

Baca Juga

Oumuamua dari bahasa Hawaii yang berarti 'seorang utusan dari jauh yang tiba lebih dulu'. Sebuah studi baru, yang diterbitkan di jurnal Nature Astronomy mengusulkan kisah asal yang komprehensif untuk objek antarbintang misterius ini.

Dilansir dari Inverse, Selasa (14/4), ilmuwan menduga Oumuamua pernah menjadi bagian dari sebuah planet yang terlalu dekat dengan bintang inangnya. Seperti halnya Icarus yang terbang terlalu dekat ke Matahari, planet ini dihancurkan dalam pertemuan dekatnya, teriris oleh gravitasi bintang menjadi potongan-potongan yang panjang, tipis, dan berbatu.