Ahad 07 Jun 2020 04:55 WIB

Inovasi Penjualan Honda Selama Pandemi Diganjar Penghargaan

HPM meraih penghargaan Marketing Continuity Brand.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Test drive mobil Honda BRV di Kawasan Kintamani, Gunung Batur, Bali, Kamis (28/1). (Republika/Tahta Aidilla)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Test drive mobil Honda BRV di Kawasan Kintamani, Gunung Batur, Bali, Kamis (28/1). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Pandemi corona memotivasi sejumlah industri untuk melakukan inovasi dalam hal pemasaran. Hal itu pun dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM).

Inovasi dari HPM pun meraih penghargaan “Marketing Continuity Brand” pada ajang The 2nd Marketeers iClub yang digelar oleh MarkPlus, Inc. dan Marketeers secara online pada Jumat, (5/6).

Baca Juga

Public Relations & Digital Manager HPM, Yulian Karfili mengtakan, penghargaan ini diberikan kepada Honda atas inovasi yang dilakukan dalam hal penjualan mobil secara online di tengah pembatasan sosial akibat pandemi covid-19 di Indonesia.

“Meskipun secara umum penjualan mobil di Indonesia turun pada bulan April dan Mei 2020, namun tren penjualan mobil-mobil Honda yang dilakukan melalui jalur online justru meningkat secara pesat. Hingga akhir bulan Mei lalu, tercatat lebih dari 20 persen dari total penjualan mobil Honda di Indonesia dilakukan secara online,” kata Yulian dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Jumat (5/6).

Ia pun menekankan, jumlah tersebut jauh meningkat dibanding kondisi pada akhir tahun 2019 lalu yang masih di bawah 5 persen dari seluruh total penjualan.

Untuk mendukung penjualan secara online, lanjut dia, Honda menggunakan website sebagai platform utamanya. Melalui website, konsumen bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai produk, harga, dealer serta program penjualan yang berlaku. Untuk melengkapi pengalaman seperti layaknya di showroom, konsumen juga dapat melihat eksterior dan interior mobil dengan tampilan 360 derajat, memilih warna, serta menambahkan berbagai aksesoris dalam format 3 dimensi.

Melalui website, konsumen juga dapat mengunduh brosur atau meminta dihubungi oleh dealer jika berminat untuk mencari informasi lebih lanjut. Selanjutnya, Honda juga menawarkan program “Beli Honda di Rumah Aja” yang memberikan keuntungan lebih bagi konsumen yang melakukan pembelian melalui situs honda-indonesia.com, situs resmi dealer, dan berbagai jalur online lainnya.

Untuk setiap pembelian Honda Mobilio dan Honda BR-V yang dilakukan secara online, konsumen akan mendapatkan gratis cicilan sebanyak 3 bulan. Tidak hanya itu, konsumen juga akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala khusus untuk pembelian Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda CR-V dan Honda Jazz.

Untuk semakin memudahkan konsumen melakukan transaksi secara online, Honda juga menggandeng beberapa situs e-commerce, yaitu Blibli dan Tokopedia. Melalui kerjasama ini, Honda akan membuka toko resmi (official store) serta memberikan promo eksklusif untuk konsumen yang melakukan pembelian di kedua situs penjualan online tersebut.

“Selama masa pandemi ini, fokus Honda adalah terus memberikan layanan untuk memudahkan konsumen dari sisi penjualan maupun purna jual, terutama dalam kondisi pembatasan sosial yang mengharuskan konsumen tetap tinggal di rumah. Karena itu, jalur digital menjadi sarana yang paling tepat untuk menjalin komunikasi dengan konsumen pada saat ini,” ujarnya.

Pada ajang penghargaan ini, MarkPlus, Inc. dan Marketeers memberikan apresiasi kepada perusahaan yang dinilai memiliki Marketing Continuity and Stability Plan yang baik, yakni perusahaan yang memiliki inovasi dalam mengatasi penurunan penjualan dan mencatatkan pertumbuhan yang baik ditengah pandemi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement