Kamis 08 Oct 2020 06:41 WIB

Kenali Gejala Kanker Tenggorokan, Penyakit Eddie Van Halen

Kanker tenggorokan mencakup pada beberapa jenis kanker yang terjadi di kepala-leher.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Eddie Van Halen tampil di Wantagh, New York, AS pada 13 Agustus 2015. Van Halen meninggal pada 6 Oktober 2020 setelah berjuang melawan kanker.
Foto: AP
Eddie Van Halen tampil di Wantagh, New York, AS pada 13 Agustus 2015. Van Halen meninggal pada 6 Oktober 2020 setelah berjuang melawan kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Adanya pandemi telah membuat orang harus menunda untuk memeriksakan kesehatannya ke rumah sakit. Hal ini pun dikhawatirkan oleh dokter, sebab penundaan pemeriksaan di tengah pandemi dapat mengakibatkan lonjakan angka kematian karena penyakit yang bukan Covid-19, terurtama kanker.

Salah satu penyakit yang patut diwaspadai adalah kanker tenggorokan. Kanker tenggorokan mencakup pada beberapa jenis kanker yang terjadi di lokasi berbeda di kepala dan leher, seperti yang dialami gitaris legendaris Eddie Van Halen.

Baca Juga

Dikutip dari Fox News, Kamis (8/10), menurut para dokter di Anderson Cancer Center, lebih dari 30 ribu orang di AS menerima diagnosis kanker tenggorokan pada 2018. Kanker tenggorokan meliputi dua kanker, yaitu kanker laring dan kanker hipofaring.

Baik kanker laring dan hipofaring dimulai di bagian bawah tenggorokan. Menurut American Cancer Society, pasien yang didiagnosis dengan kanker laring memiliki arti bahwa penyakit tersebut memengaruhi area kotak suara.