Selasa 07 Sep 2021 17:33 WIB

Astronom Temukan Planet Raksasa Sangat Panas, 2 Kali Jupiter

Para astronom menyebutnya sebagai Jupiter Panas dengan periode orbit 10 hari.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
ilustrasi:temuan planet.
Foto:

Studi menemukan bahwa TOI-1518b memiliki suhu keseimbangan 2,492 K dan suhu kecerahan siang hari yang diukur sebesar 3,237 K, yang menunjukkan bahwa mungkin menunjukkan inversi termal. Namun, pengamatan spektroskopi lebih lanjut dari exoplanet ini diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini.

Menurut studi, TOI-1518b memiliki orbit yang sangat tidak sejajar, sekitar 240,34 derajat. Mencoba menjelaskan temuan ini, para astronom mencatat bahwa secara umum gas raksasa yang berdekatan di sekitar bintang panas biasanya tidak sejajar.

Bintang TOI-1518 memiliki suhu efektif sekitar 7.300 K, sekitar dua kali lebih besar dari matahari dan massanya diperkirakan berada pada tingkat 1,79 massa matahari. Penelitian ini juga mendeteksi besi (Fe) di atmosfer TOI-1518b.

Tim astronom melakukan analisis korelasi silang atmosfer dan menemukan besi netral. Mereka menggarisbawahi bahwa sejauh ini hanya ada sedikit deteksi besi sebelumnya di Jupiter yang sangat panas.

"Kami mencari Fe netral dan terionisasi di atmosfer pendamping melalui spektroskopi transmisi resolusi tinggi. Kami mendeteksi besi netral (5,2σ), pada Kp = 157 km/s dan Vsys = 16 km/s, menambahkan objek lain ke sampel kecil planet raksasa gas yang sangat teriradiasi dengan deteksi Fe dalam transmisi," kata tim astronom.