Sabtu 13 Nov 2021 00:21 WIB

Pengidap Diabetes tak Punya Makanan Pantangan, Tapi ...

Diabetesi masih bisa makan apa saja seperti orang tanpa diabetes, tak ada pantangan.

Red: Reiny Dwinanda
Lapar (Ilustrasi). Diabetesi perlu mengatur jadwal, jumlah, dan jenis makanannya.
Foto:

Di sisi lain, ada pembatasan asupan yang perlu diterapkan. Konsumsi harian gula tidak boleh lebih dari 25 gram gula atau setara dua sendok makan, lalu asupan garam tidak melebihi satu sendok teh atau lima gram per hari (kurang dari 2 gram natrium).

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, para penyandang diabetes disarankan tetap melakukan manajemen diri di rumah misalnya perawatan kaki dan anggota tubuh lainnya. Tetap beraktivitas fisik, misalnya berjalan cepat mengelilingi kompleks rumah sambil mengenakan masker tanpa berkontak dengan orang lain, menerapkan pola istirahat cukup, serta menjaga kesehatan mental.

"Saat pandemi dilajutkan (pengobatan), jangan lengah, diperketat lagi," kata Martha.

Diabetes melitus khusus tipe-2 saat ini ditemukan pada kalangan usia 15-45 tahun akibat penerapan gaya hidup tidak sehat. Kurang beraktivitas fisik, berat badan berlebih, dan konsumsi makanan dan minuman dengan kandungan tinggi gula yang bisa setara nasi padang dua lauk menjadi pemicunya.

"Sebaiknya lakukan aktivitas fisik 150 menit per minggu dengan intensitas sedang, tidak boleh jeda lebih 2 hari," demikian pesan Martha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement