Senin 22 Nov 2021 16:34 WIB

Saat Amazon Tahu Terlalu Banyak Detail Intim Data Pengguna

Amazon menyimpan setiap pencarian di platform termasuk pertanyaan sensitif.

Red: Dwi Murdaningsih
amazon

Kamu di mana, sama siapa? Amazon mungkin tahu

Amazon mengumpulkan data konsumen lewat beragam perangkat, termasuk asisten suara Alexa, pasar e-commerce mereka, Kindle, buku audio Audible, platform video dan musiknya. Selain itu, data juga didapat dari kamera keamanan rumah, dan alat pelacak kebugaran. Perangkat yang dilengkapi Alexa memungkinkan perekaman suara di dalam rumah, sementara kamera keamanan Ring merekam gambar setiap pengunjung.

Informasi tersebut dapat mengungkapkan tinggi badan, berat badan dan kesehatan seseorang, etnis mereka (melalui petunjuk yang terkandung dalam data suara) dan kecenderungan politik, kebiasaan membaca dan berbelanja, keberadaan mereka pada hari tertentu, dan terkadang siapa saja yang mereka temui.

Berkas yang diminta salah satu konsumen mengungkapkan bahwa Amazon lewat Alexa telah mengumpulkan lebih dari 90.000 rekaman anggota keluarga antara Desember 2017 dan Juni 2021. Angka ini rata-rata sekitar 70 rekaman setiap hari. Rekaman itu juga mencakup detail seperti nama anak kecil keluarga tersebut dan lagu favorit mereka. 

Amazon juga merekam anak-anak lain yang bertanya bagaimana mereka bisa meyakinkan orang tua agar membiarkan mereka bermain, dan mendapatkan instruksi terperinci dari Alexa tentang cara meyakinkan orang tua untuk membelikan mereka video game.

Beberapa rekaman juga melibatkan percakapan intim antara anggota keluarga yang menggunakan perangkat Alexa untuk berkomunikasi di berbagai bagian rumah. Beberapa rekaman merekam anak-anak meminta maaf kepada orang tua mereka setelah mereka ketahuan berbuat salah.

Dalam satu rekaman, seorang anak bertanya: "Alexa, apa itu vagina?" yang lainnya bertanya: "Alexa, apa itu bondage?"

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement