Kamis 13 Jan 2022 22:18 WIB

NASA Ungkap Ada Kemajuan Besar dari Misi Roket SLS

Misi roket SLS NASA ditargetkan lepas landas pada 2024.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Dalam pembaruan status singkat yang diposting pada Selasa (11/1/2022), pejabat NASA menulis bahwa agensi dan mitra manufakturnya telah membuat kemajuan besar dalam menyusun roket Space Launch System (SLS) untuk Artemis 2 (Foto: ilustrasi)
Foto: Flickr
Dalam pembaruan status singkat yang diposting pada Selasa (11/1/2022), pejabat NASA menulis bahwa agensi dan mitra manufakturnya telah membuat kemajuan besar dalam menyusun roket Space Launch System (SLS) untuk Artemis 2 (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ALABAMA -- Dalam pembaruan status singkat yang diposting pada Selasa (11/1/2022), pejabat NASA menulis bahwa agensi dan mitra manufakturnya telah membuat kemajuan besar dalam menyusun roket Space Launch System (SLS) untuk Artemis 2, sebuah misi berawak yang mengorbit bulan. Misi tersebut ditargetkan untuk lepas landas pada 2024.

Pengujian dan pembuatan suku cadang SLS juga sedang berlangsung untuk misi pendaratan di bulan Artemis 3, yang sekarang dijadwalkan tidak lebih awal dari 2025, dan penggantinya Artemis 4, kata badan tersebut.

Baca Juga

“Tim Sistem Peluncuran Luar Angkasa tidak hanya membangun satu roket, tetapi membuat beberapa roket untuk misi eksplorasi dan penerbangan SLS di masa depan di luar peluncuran Artemis awal,” John Honeycutt, manajer program SLS di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall NASA di Alabama, mengatakan dalam pembaruan, dilansir dari Space, Kamis (13/1/2022).

“Misi Artemis 1 adalah yang pertama dari serangkaian misi yang semakin kompleks yang akan memperluas kehadiran kita di bulan. Kekuatan dan kemampuan roket SLS yang belum pernah terjadi sebelumnya akan mengirim misi lebih jauh dan lebih cepat ke seluruh tata surya,“ tambah Honeycutt. 

Pada Juli, tahap propulsi kriogenik interim Artemis 2 SLS (ICPS) adalah bagian pertama yang tiba di Florida, dekat lokasi peluncurannya di Kennedy Space Center (KSC) NASA. ICPS sekarang sedang menyelesaikan persiapan akhir di fasilitas United Launch Alliance (ULA) dan Boeing untuk pengiriman ke KSC, kata pejabat NASA. ICPS untuk Artemis 3 SLS sedang dibangun di pabrik ULA di Decatur, Alabama. Panggung tersebut akan digunakan untuk mendorong kapsul kru Orion menuju bulan.

Sementara itu, pejabat NASA mengatakan  booster dan mesin RS-25 untuk roket Artemis 2 dan Artemis 3 dalam tahap akhir perakitan. Mesin Artemis 2 siap untuk diintegrasikan dengan tahap inti SLS di Fasilitas Perakitan Michoud NASA di New Orleans, sedangkan mesin Artemis 3 sedang dalam persiapan di fasilitas Aeroject Rocketdyne di Pusat Antariksa Stennis NASA di Mississippi. (Aerojey Rocketdyne adalah kontraktor utama RS-25.) Pembuatan RS-25 pada misi di luar Artemis 4 sedang berlangsung.

Juga, teknisi dengan perusahaan kedirgantaraan Northrop Grumman telah menyelesaikan casting segmen motor booster untuk Artemis 2 dan Artemis 3 di Utah dan mulai mengerjakan segmen untuk Artemis 4, kata pejabat NASA. Dalam pembaruan, NASA juga menunjukkan kemajuan pada elemen-elemen seperti adaptor tahap kendaraan peluncuran berbentuk kerucut untuk Artemis 2 dan 3, bersama dengan pembuatan panel untuk artikel uji adaptor tahap universal untuk misi masa depan.

Artemis adalah program eksplorasi bulan berawak NASA, yang bertujuan untuk membangun keberadaan manusia yang berkelanjutan di dan sekitar bulan pada akhir tahun 2020-an. Badan antariksa saat ini bertujuan untuk mendaratkan astronaut di permukaan bulan tidak lebih cepat dari 2025, dalam misi Artemis 3. Misi itu awalnya ditargetkan untuk 2024 di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump.

Tapi itu didorong kembali karena berbagai alasan, mulai dari masalah pendanaan hingga masalah teknis dengan elemen-elemen seperti pakaian antariksa hingga gugatan federal yang sekarang diselesaikan mengenai kontrak Sistem Pendaratan Manusia Artemis, yang diberikan kepada SpaceX pada April 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement