Selasa 15 Mar 2022 00:19 WIB

Kasus Infeksi Deltacron Mulai Bermunculan, Gejalanya Lebih Mirip Delta atau Omicron?

Kasus infeksi varian deltacron yang telah bermunculan di beberapa negara.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Gambar pertama varian omicron dirilis oleh pakar dari ANSA, Italia. Peneliti membandingkan mutasi yang terjadi pada spike protein omicron dibandingkan dengan varian delta. Varian deltacron telah terdeteksi di beberapa negara.
Foto:

Orang-orang yang mengalami gejala ini disarankan untuk melakukan tes Covid-19. Isolasi mandiri juga perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit semakin meluas.

Saat ini, varian Covid-19 yang masih mendominasi adalah varian Omicron, khususnya subvarian Omicron yaitu BA.2. Salah satu bentuk perlindungan yang sangat dianjurkan di tengah gelombang varian Omicron adalah vaksinasi.

photo
Beda gejala infeksi varian omicron dan delta. - (Republika)

Mengingat perlindungan dari vaksin bisa memudar seiring waktu, pemberian dosis tambahan atau booster sangat dianjurkan untuk kembali mengoptimalkan proteksi yang sudah terbentuk sebelumnya.

Vaksinasi dasar dan pemberian booster memang tidak menjamin seseorang akan terhindar 100 persen dari penularan Covid-19. Seperti dilansir Express.co.uk, vaksinasi dan pemberian booster bisa secara efektif menekan risiko sakit berat dan kematian bila seseorang terkena Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement