Rabu 15 Jun 2022 00:20 WIB

Tanda Peringatan Kanker di Area Wajah yang Kerap Diabaikan

Gejala kanker bisa tersamar sehingga cenderung diabaikan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Berdandan (Ilustrasi). Saat bercermin, jangan lupa perhatikan perubahan yang tampak pada area wajah. Bisa jadi itu gejala kanker.
Foto:

Perubahan kondisi wajah yang drastis patut diwaspadai dan sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja. Apabila mengalami perubahan tubuh tanpa penyebab pasti, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Skrining dapat membantu mendeteksi keganasan kanker pada tahap awal.

Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko kanker. Hindari paparan radiasi, racun industri, dan polusi lingkungan. Hentikan kebiasaan merokok serta biasakan berolahraga rutin dan menerapkan pola makan dengan gizi seimbang.

Meskipun penelitian yang mengaitkan kanker dengan tidur tidak kuat, memiliki waktu tidur berkualitas tetap harus menjadi prioritas. Pasalnya, kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk dikaitkan dengan penambahan berat badan, yang merupakan faktor risiko kanker.

Langkah pencegahan kanker lainnya adalah mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Memenuhi kebutuhan vitamin D dapat membantu memberi perlindungan terhadap beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat dan kanker usus besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement