Selasa 19 Jul 2022 00:40 WIB

Gejala Kanker Perut Juga Bisa Terlihat di Wajah, Seperti Apa?

Kanker perut juga dikenal sebagai kanker lambung.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi sakit lambung (Ilustrasi). Kanker perut alias kanker lambung gejalanya juga dapat terlihat di wajah berupa adanya papuloeritroderma.
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi sakit lambung (Ilustrasi). Kanker perut alias kanker lambung gejalanya juga dapat terlihat di wajah berupa adanya papuloeritroderma.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Salah satu jenis kanker yang banyak dialami masyarakat dunia adalah kanker perut atau dikenal juga dengan sebutan kanker lambung. Gejala kanker ini bisa dikenali, termasuk dari wajah penderitanya.

Dilansir laman Express, Senin (18/7/2022), kanker perut disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali yang terbentuk di lapisan dalam perut. Mengingat tanda-tanda kondisinya bisa sangat samar dan tidak jelas, dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan rujukan dari dokter umum.

Baca Juga

Salah satu tanda pada kulit telah dikaitkan dengan tahap awal penyakit. Tanda-tanda pertama kanker lambung cenderung antara lain nafsu makan yang buruk, penurunan berat badan, sakit perut, ketidaknyamanan di perut, dan merasa kenyang makan makanan kecil.

Kadang-kadang, kondisi ini dapat bermanifestasi pada kulit, menyebabkan erupsi ruam pada wajah, yang dikenal sebagai papuloeritroderma. Laporan yang diterbitkan dalam penelitian Chinese Journal of Cancer menyebutkan manifestasi khasnya adalah papula kemerahan yang menyebar, infiltrasi, pembengkakan, dan deskuamasi di hampir seluruh tubuh, terutama di wajah dan lipatan.

"Selain kulit, kondisi ini mungkin juga menyerang lendir, pelengkap kulit, kelenjar getah bening," jelas laporan tersebut.

Hal ini ditandai dengan susunan papula padat berbentuk paving stone pada dinding perut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement