Kamis 18 Aug 2022 05:10 WIB

14 Tanda di Kaki yang Perlu Diwaspadai Pengidap Diabetes

Pengidap diabetes perlu memeriksa kakinya setiap hari.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pengidap diabetes perlu memeriksa kondisi kakinya setiap hari. (ilustrasi).
Foto:

Mengapa harus periksa kaki?

Pengidap diabetes cenderung lebih sering dirawat di rumah sakit akibat luka pada kaki dibandingkan komplikasi lainnya. Mereka juga memiliki risiko 20 kali lebih tinggi untuk membutuhkan amputasi akibat kerusakan pada kaki.

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

 

Oleh karena itu, pengidap diabetes dianjurkan untuk memeriksa kaki mereka secara rutin setiap hari. Dengan begitu, masalah pada kaki diabetesi bisa ditemukan dan ditangani secara cepat sebelum menjadi lebih serius.

Pemeriksaan kaki penting dilakukan karena kaki pengidap diabetes bisa kehilangan sensasi rasa. Hal ini dapat membuat mereka tak sadar bila ada luka, lepuh, atau spot kemerahan di kaki mereka. Bila dibiarkan, kondisi-kondisi tersebut dapat memicu terjadinya infeksi.

Mengenal diabetes

Secara umum, ada dua jenis diabetes yang paling sering, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi ketika pankreas tak bisa memproduksi insulin. Sedangkan diabetes tipe 2 terjadi ketika sel tubuh menjadi resisten terhadap insulin, sehingga dibutuhkan jumlah insulin yang lebih besar untuk bisa menjaga gula darah dalam kadar yang normal.

Pengidap diabetes dianjurkan untuk memantau kadar gula darah mereka secara berkala. Untuk memantau kontrol gula darah, mereka juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kadar HbA1c. Pemeriksaan ini dapat menunjukkan kondisi kadar gula darah pasien dalam kurun waktu tiga bulan ke belakang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement