Ahad 18 Sep 2022 17:25 WIB

Tirzepatide: Obat Baru Diabetes Tipe 2, Juga Efektif Bantu Turunkan Berat Badan

Tirzepatide bekerja lebih cepat dalam turunkan gula darah, turunkan berat badan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Obat diabetes (ilustrasi). Tirzepatide tampak lebih cepat menurunkan kadar gula darah daripada insulin.
Foto:

Pengujian lainnya dilakukan untuk membandingkan efek dari tirzepatide dengan obat penurun berat badan, semaglutide. Dalam pengujian ini, tirzepatide diberikan dalam tiga dosis berbeda, yaitu 5 mg, 10 mg, dan 15 mg.

Semaglutide merupakan obat penurun berat badan yang diberikan melalui injeksi. Sebelumnya, obat ini diketahui dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada penyandang obesitas hingga 60 persen.

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Hasil analisis dari pengujian ini menemukan bahwa pasien yang mendapatkan tirzepatide mampu mencapai target penurunan berat badan secara optimal. Pencapaian target ini bahkan lebih cepat dibandingkan penurunan berat badan pada pasien yang menerima semaglutide.

"Bagi para pengidap diabetes tipe 2, bisa mencapai target-target ini dalam waktu yang lebih cepat merupakan hal yang menakjubkan," ujar ketua tim peneliti Dr Adie Viljoen dari East and North Hertfordshire NHS Trust.

Mengenal diabetes

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa diabetes merupakan penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau ketika tubuh tidak bisa menggunakan insulin secara efektif. Dari seluruh kasus diabetes yang ada di dunia, lebih dari 95 persennya merupakan jenis diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 umumnya terjadi akibat pengaruh pola hidup tak aktif yang memicu terjadinya kelebihan berat badan. Gejala diabetes tipe 2 mirip seperti diabetes tipe 1 yang merupakan penyakit autoimun.

Beberapa gejala dari diabetes adalah peningkatan frekuensi berkemih, muncul rasa haus atau polidipsia, dan rasa lapar yang terus menerus. Gejala lainnya adalah kelelahan dan pandangan yang kabur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement