Rabu 23 Nov 2022 12:00 WIB

Cara Lindungi Anak dari Cyberbullying

Cyberbullying adalah masalah yang sangat kompleks dan serius

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Bullying (ilustrasi)
Foto: www.chicago-bureau.org
Bullying (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- November adalah bulan dimana cyberbullying dibahas secara luas di seluruh dunia. Negara-negara bersatu untuk melawan cyberbullying.

Pakar Kaspersky telah mengumpulkan berbagai tip untuk orang tua dan anak tentang apa yang harus dilakukan jika mengalami perundungan dan cara melindungi diri sendiri.

Baca Juga

Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan anak-anak untuk melindungi diri dari cyberbullying:

Menerapkan pengaturan pribadi

Orang tua mengajari anak untuk tidak berbicara dengan orang asing di jalan. Jadi mengapa kita tidak membicarakan aturan yang sama, tetapi untuk ruang online? Anda juga dapat melakukannya di akun pribadi di jejaring sosial. Panduan tentang cara melakukan ini tersedia di Facebook, Instagram, Twitter, Twitch, Reddit.

Jangan merespon

Blokir agresor, berikan aduan ke moderator

Banyak situs web dan semua jejaring sosial dapat menambahkan pengguna ke daftar hitam/blokir. Hubungi administrator situs dengan permintaan untuk memblokir perundung. Panduan tentang cara melakukan ini tersedia di Facebook, Instagram, Twitter, Twitch, Reddit.

Mengambil tangkapan layar

Bukti dapat berguna jika Anda perlu menghubungi lembaga penegak hukum untuk mendapatkan bantuan atas perundungan yang dialami.

Menghapus akun pribadi secara sementara atau permanen

Meninggalkan media sosial selama beberapa waktu dapat membantu untuk bernapas lega dan fokus pada diri sendiri. Selain itu, perundung akan melihat bahwa pengguna tidak merespons dan dapat kehilangan minat pada korban yang ditargetkan, karena mereka tidak akan mendapat reaksi apa pun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement