Senin 28 Nov 2022 00:30 WIB

Ingin Turunkan Kolesterol? 5 Cara Alami Ini Bisa Membantu Anda

Masalah kolesterol tinggi tidak boleh disepelekan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Olahraga (ilustrasi). Cleveland Clinic merekomendasikanjalan cepat, lari, bersepeda, berenang, dan yoga untuk menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kebugaran.
Foto:

Konsumsi makanan yang menyehatkan jantung

Beragam pola makan yang menyehatkan jantung bisa membawa manfaat dalam pengelolaan kadar kolesterol. Pengaturan pola makan yang dipilih tidak harus rumit dan memakan banyak waktu atau mahal. Beragam pola makan yang menyehatkan jantung bisa disesuaikan dengan preferensi, gaya hidup, hingga budaya.

photo
Tanda kolesterol tinggi dapat terlihat di kaki. - (Republika)

Sebagai tambahan, Direktur Medis Houston Methodist Primary Care Group Same Day Clinics, Dr Joshua Septimus, juga mengungkapkan ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena bisa berkontribusi terhadap peningkatan kadar kolesterol. Jenis makanan tersebut adalah makanan olahan dan rafinasi, seperti makanan siap saji, daging olahan beku, dan makanan kemasan.

Jauhi rokok

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan abhwa kebiasaan merokok bertanggung jawab atas 480 ribu kematian di Amerika Serikat per tahun. Salah satu dampak tak menyehatkan dari kebiasaan merokok adalah dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL. Orang yang terbiasa merokok memiliki risiko strok empat kali lebih tinggi dibandingkan non perokok.

Jaga berat badan ideal

Kegemukan dan obesitas bisa membawa banyak risiko masalah kesehatan, termasuk risiko kolesterol tinggi. Harvard Health mengungkapkan bahwa lemak berlebih berkaitan dengan kadar LDL dan trigliserida yang tinggi serta kadar kolesterol "baik" atau HDL yang rendah.

"(Kegemukan atau obesitas) mengganggu responsivitas tubuh terhadap insulin, meningkatkan kadar gula darah dan kadar insulin," ujar Harvard Health.

Baca juga : Gejala dan Pengobatan Multiple Myeloma, Kanker yang Diderita Ratu Elizabeth II

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement