Selasa 06 Dec 2022 19:12 WIB

Soal HIV/AIDS, Dokter: Jauhi Penyakitnya, Bukan Orangnya

Orang dengan HIV/AIDS kerap mendapat stigma negatif.

Red: Reiny Dwinanda
Petugas tenaga kesehatan melakukan screening dengan tes cepat HIV AIDS kepada warga di Gasibu, Bandung, Jawa Barat, Ahad (20/11/2022). orang dengan HIV/AIDS kerap mendapat stigma negatif.
Foto:

Padahal, Ramdhani menjelaskan virus HIV tidak menular semudah itu. Hal ini karena virus tersebut hidup dalam darah serta cairan tubuh lainnya seperti sperma, cairan vagina, dan air susu ibu. Secara umum, penularan HIV terjadi melalui hubungan seksual dan penggunaan jarum suntik secara bergantian.

"Jadi tidak usah khawatir karena HIV tidak menular melalui kalau kita pakai toilet bergantian, itu tidak masalah selama kita bersihkan. Kemudian menggunakan alat makan dan minum bersama seperti piring atau sendok, tidak masalah," ujar Ramdhani.

Ramdhani mengatakan berbagai makanan atau minuman juga tidak akan menjadi jalur penularan HIV/AIDS. Begitu juga dengan bersalaman, selama tangan yang digunakan bersalaman tidak sedang luka.

"Salaman juga enggak apa-apa selama kulit tidak ada luka, kecuali kalau habis sama-sama jatuh di jalan, luka, berdarah, lalu salaman, itu bisa tertular," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement