Jumat 19 Apr 2024 21:41 WIB

Kemensos Distribusikan Bantuan Bagi Korban Erupsi Gunung Ruang

Radius bahaya erupsi Gunung Ruang sekitar enam kilometer dari pusat kawah aktif.

Red: Ilham Tirta
 Visualisasi erupsi yang disertai kilatan petir vulkanik terjadi di Gunung Ruang yang berlokasi di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu (17/4/2024)
Foto: ANTARA/HO-PVMBG
Visualisasi erupsi yang disertai kilatan petir vulkanik terjadi di Gunung Ruang yang berlokasi di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu (17/4/2024)

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kementerian Sosial telah membagikan beragam bantuan bagi masyarakat korban erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara. Sekitar 826 jiwa yang bermukim di dua desa di kaki Gunung Ruang, yakni Desa Laingpatehi dan Desa Pumpente mengungsi ke pulau terdekat, Pulau Tagulandang, yang bisa ditempuh sekitar satu jam melalui laut.

 

Baca Juga

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Jumat (19/4/20244), menyatakan radius bahaya erupsi Gunung Ruang sekitar enam kilometer dari pusat kawah aktif. Karena itu warga dua desa yang berada di pesisir barat Pulau Tagulandang, Desa Bahoi dan Desa Balehumara, juga mengungsi ke bagian timur Pulau Tagulandang.

kemensos menerjunkan tim ke lokasi bencana sekaligus menyalurkan berbagai bantuan dari Sentra Tumou Tou Manado. “Selain membawa bantuan logistik, kami juga membawa perawat serta psikolog. Kami bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat untuk menangani pengungsi,” kata Kepala Sentra Tumou Tou Manado Kemensos, Meerada Saryati Aryani dalam keterangan tertulisnya di Manado.