Selasa 23 Jul 2024 14:00 WIB

Portugal Targetkan Bauran EBT 93 Persen

Target ini ditetapkan dalam rencana iklim dan energi yang baru saja diperbarui.

Rep: Lintar Satria / Red: Satria K Yudha
Transisi energi (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Transisi energi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Portugal memiliki ambisi besar dalam mendorong penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT). Portugal menargetkan dapat meningkatkan bauran EBT dalam sistem kelistrikan mereka hingga 93 persen pada 2030.

Target itu ditetapkan dalam rencana iklim dan energi yang baru saja diperbarui. Kendati demikian, rancangan proposal rencana itu menurunkan target kapasitas elektroliser untuk menghasilkan hidrogen ramah lingkungan menjadi 45 persen. Saat ini, Portugal baru mengambil langkah pertama untuk memasang elektroliser dan belum sama sekali menghasilkan hidrogen hijau.

Baca Juga

Elektroliser merupakan alat yang menggunakan listrik untuk memecah molekul air menjadi unsur-unsur penyusunnya, yaitu hidrogen dan oksigen, melalui proses yang disebut elektrolisis. Elektrolisis pada dasarnya adalah istilah lain menggunakan listrik untuk menggerakkan reaksi kimia.

Elektroliser memiliki dua elektroda, yaitu katoda (positif) dan anoda (negatif), yang terendam dalam air dengan larutan elektrolit. Elektrolit membantu menghantarkan listrik melalui air.