Sabtu 27 Jul 2024 18:18 WIB

Megawati dan Teladan Kenegarawanan di Tengah Krisis Kepemimpinan

Megawati sosok negarawan yang konsisten gawangi demokrasi

Red: Nashih Nashrullah
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri Megawati sosok negarawan yang konsisten gawangi demokrasi
Foto:

Oleh : Iskandar Mirsad, Pengasuh Lingkaran Soekarnois Sepuh.

Megawati adalah manifestasi dari kepemimpinan yang berjalan diatas koridor moralitas dan integritas. Prinsip yang terbangun diatas koridor nilai semacam itu pada gilirannya melahirkan suatu kesatuan cara pandang serta sikap yang terpelihara dengan baik. Megawati telah menempuh suatu jalan terjal dan berliku yang dipersyaratkan oleh alam sebagai jalan yang harus ditempuh oleh para negarawan.

Pewaris Nilai

Megawati mungkin akan mengalami kesunyian batin luar biasa saat generasi negarawan sejaman telah meninggalkannya satu per satu. Tapi nampaknya kesunyian yang dialami Megawati semakin membawanya pada perenungan terdalam tentang pentingnya menegakan prinsip dan jiwa negarawan sejati.

Megawati menjadi pewaris nilai dan tanggungjawab dari generasi negarawan yang jujur apa dan apa adanya. Sesuatu yang seharusnya ditiru oleh para pemimpin nasional di generasi yang berada satu atau dua tingkat dibawahnya.

Tetapi kini ia berdiri sendiri ditengah kepungan generasi kekuasaan yang menunjukan tabiat hegemonik dan cenderung mengikuti hasrat demi memuluskan tujuan sempit.

Megawati menyaksikan bagaimana seluruh perangkat negara dijadikan instrumen untuk melanggengkan kekuasaan dalam perhelatan demokrasi sebagaimana yang nyata terlihat dalam hajat Pilpres kemarin.

Ia menolak upaya receh semacam itu dengan sekuat tenaga, apapun taruhannya apapun konsekuensinya. Benar tidaknya suatu perjuangan tidak terletak pada keberhasilan atau kegagalan. Tapi kesungguhan niat untuk setia dan memperjuangkan nilai yang dianggap benar bagi bangsa. Sesuatu yang tentu saja patut untuk diapresiasi dan dilihat sebagai contoh bagi proyeksi kepemimpinan bangsa kedepan.

Kepergian, Gus Dur, Habibie, dan Hamzah Haz menurut saya sama sekali tidak akan melemahkan semangat serta tekad seorang Megawati Soekarnoputri. Sebaliknya, situasi tersebut justru semakin menebalkan prinsip dan konsistensi seorang Megawati untuk menjadi negarawan sejati sekaligus guru demokrasi terbaik bagi bangsa.

Sebagai pemerhati dari sikap hidup yang ditunjukan Megawati sejak dulu, tentu suatu kehormatan bila saya yang bukan siapa-siapa ini suatu hari dianugerahi kesempatan berjumpa dengan putri terbaik bangsa ini.

Tetapi yang terpenting ialah semoga sang negarawan terakhir bangsa ini dianugerahi kesehatan serta kekuatan untuk mencetak negarawan-negarawan baru bagi Indonesia kedepannya

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement