Sabtu 05 Jun 2010 19:53 WIB

PBB Konsultasikan Kapal Bantuan ke Gaza

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,PBB, NEW YORK--Sekretaris Jenderal PBB ban Ki-moon mengadakan "kontak seksama dengan semua pihak" guna mencegah terulangnya pertikaian saat satu kapal-barang baru bertolak menuju perairan lepas pantai Jalur Gaza, kata juru bicara PBB kepada wartawan di Markan PBB, New York, Jumat.

Marike Okabe, wakil jurubicara bagi Ban, mengatakan Sekretaris Jenderal PBB itu telah menyeru semua pihak agar melakukan semua upaya yang dapat mereka kerjakan guna menghindari peristiwa lain seperti yang terjadi pada Senin (31/5).

Ban telah menekankan bahwa semua pihak harus bertindak dengan penuh tanggung jawab dan sejalan dengan hukum internasional.Pencegatan militer Israel terhadap kapal bantuan yang melakukan pelayaran ke Jalur Gaza merenggut korban jiwa dari pihak sipil dan melukai puluhan pegiat lain.

Senin pagi, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan pernyataan presiden yang "mengutuk semua tindakan itu yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dari pihak warga sipil dan menyerukan penyelidikan yang cepat, tak memihak, dapat dipercaya dan transparan" mengenai kejadian tersebut.