Kamis 11 Nov 2010 05:14 WIB

Obama Komunikator yang Memesona

Barack Obama saat memberikan kuliah umum di UI
Foto: Antara
Barack Obama saat memberikan kuliah umum di UI

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Presiden Amerika Serikat Barack Obama merupakan komunikator yang mempesona karena sangat tenang dalam berorasi dan dapat mengatur kecepatan berbicara, kata Pakar Komunikasi Deddy Mulyana.

Dihubungi melalui telepon di Bandung, Rabu (10/11), Deddy yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi(Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad) mengatakan, Obama merupakan komunikator yang baik sehingga dapat berbicara secara efektif.

Menanggapi diplomasi yang dilakukan Obama selama kunjungan di Indonesia, Deddy mengatakan, dari segi bahasa verbal dan non verbal Obama sangat superior. "Performa Obama dalam berdiplomasi dapat menandingi pendahulunya mantan Presiden Amerika John F Kennedy," kata Deddy.

Menurut Deddy, dalam ilmu komunikasi dikenal bahasa verbal dan non verbal yaitu berupa ucapan dan bahasa tubuh. Kata Deddy, ketika berkomunikasi ucapan melengkapi bahasa tubuh dan tidak bisa berdiri sendiri yang nantinya akan berkaitan dengan makna.

"Obama dapat menyelaraskan bahasa verbal dan non verbal sehingga orang Indonesiapun dapat menangkap apa yang Ia bicarakan," ungkap Deddy.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement