Kamis 10 Mar 2011 21:09 WIB

Jelang Dengar Pendapat, Peter King Mendapat Kawalan Ketat

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Peter King, Ketua Komite Keamanan Dalam Negeri Kongres AS yang menggagas dengar pendapat Radikalisasi Muslim di Capitol Hill
Peter King, Ketua Komite Keamanan Dalam Negeri Kongres AS yang menggagas dengar pendapat Radikalisasi Muslim di Capitol Hill

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Keamanan ekstra bakal menyertai anggota Kongres AS perwakilan New York, Peter King. Ia akan mengepalai dengar pendapat dengan fokus komunitas Muslim AS dan sikap kooperatif mereka mencegah terorisme Muslim radikal.

King, kepada Associated Press menyatakan ia kini harus menjalani detail keamanan panjang dalam beberapa bulan terakhir setelah muncul ancaman pada Desember. Sejak itu, keamanan duapuluhempat jam diberikan oleh Kepolisian New York (NYPD).

Pada Kamis (10/3) ini, atas permintaan King, polisi Capitol, tempat anggota Kongres dan Senat bersidang, akan mengamankan ruang rapat dan area sekitar, begitu pula kantor King, ketika Komite Keamanan Dalam Negeri akan meminta kesaksian dalam rapat.

Sebelumnya, sangat jarang dengar pendapat Kongres menarik perhatian dan kontroversi semacam ini. Dalam protes satu sesi sebelumnya, pengkritik mengecam dengar pendapat sebagai anti-Muslim dan disamakan dengan dengar pendapat era 1950-an yang digagas Senator McCarthy saat menginvestigasi komunisme.