Sabtu 07 Aug 2010 06:32 WIB

Listrik Berkedip 1,7 Detik, 68 Penerbangan Tertunda

Rep: Citra Listya Rini/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA-- Kedipan listrik (flicker) sekitar 1.7 detik, patut diduga menjadi pemicu terjadinya padamnya listrik di Bandara Soekarno Hatta, Jumat pagi sekitar pukul 94.02 Wib.

Akibat kedipan itu, kata  Manajer Humas PT Angkasa Pura II (Persero) Andang Santoso, terjadi semacam penundaan suplai listrik dari PLN. Soal ini terungkap berdasarkan  data dari main power station (MPS) Bandara Soekarno-Hatta

Kendatipun kedipan hanya selama 1,7 detik, Andang mengungkapkan dampaknya cukup besar terhadap kegiatan di bandara. Terhitung dari pukul 06.00-10.00 WIB, setidaknya ada 68 penerbangan, baik lokal maupun internasional yang mengalami penundaan atau delay. Namun, selepas pukul 10.00 WIB, ia mengatakan kegiatan penerbangan berangsur normal kembali.

Mengingat adanya penundaan penerbangan tersebut, Andang menyadari akan adanya kerugian yang diderita masing-masing maskapai. Sejauh ini, ia menyatakan belum ada satu pun pihak maskapai yang menyampaikan keluhan dan kerugian materialnya. Begitu juga dengan AP II yang belum mengalkulasi berapa besar kerugian yang diderita akibat gangguan listrik tadi pagi.