Sabtu 11 Sep 2010 07:50 WIB

Dibanding Tahun Lalu, Penjualan Petasan dan Kembang Api Menurun

Rep: Esthi Maharani/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Para pedagang petasan dan kembang api mengaku kecewa dengan hasil penjualan pada tahun ini. Mereka mengaku terjadi penurunan signifikan.

Agus, penjual petasan di sekitar Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat mengatakan, penjualan tahun ini jauh menurun dari tahun sebelumnya. ''Sehari paling cuma dapat Rp 150-200 ribu,” katanya saat ditemui pada Jumat (10/9). Padahal, tahun lalu, Rp 500 ribu pun bisa ia peroleh.

Agus menduga faktor cuaca jadi penyebab. ''Setiap hari kan sering hujan, jadi mungkin orang-orang jadi malas menyalakan kembang api dan petasan,” katanya. Selain itu, ia menilai banyak warga yang mengalokasikan dananya untuk mudik daripada membeli petasan miliknya.

Agus mengatakan, puncak pembelian petasan terjadi pada malam takbiran, Kamis, (9/9) kemarin. ”Selama Ramadhan, paling hanya kembang api atau petasan kecil yang laku,” katanya. Konsumennya pun kebanyakan anak-anak sehingga pendapatannya tidak terlalu besar. Agus berencana akan menjual petasan hingga Sabtu besok (11/9).

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement