Jumat 07 Jan 2011 09:31 WIB

Lahar Dingin Merapi Lebih Banyak Mengarah ke Magelang

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Kawah Gunung Merapi yang berbentuk tapal kuda menjadikan arah banjir lahar dingin lebih banyak mengalir ke arah Muntilan dan Magelang, Jawa Tengah, kata peneliti dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jazaul Ikhsan.

"Intensitas curah hujan yang cenderung tinggi dan masih banyaknya deposit endapan erupsi Merapi juga menjadikan banjir lahar dingin di aliran sungai yang berhulu di gunung itu semakin sering terjadi," katanya di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, idealnya, dengan intensitas curah hujan di puncak Merapi sebesar 40 milimeter dan hujan terjadi lebih dari dua jam, banjir lahar dingin akan membawa endapan erupsi Merapi. Namun, yang terjadi saat ini di Merapi adalah intensitas curah hujan di puncak masih rendah dan belum mencapai 40 milimeter, banjir lahar dingin telah menerjang.

"Hal itu disebabkan kuantitas deposit endapan yang sangat banyak. Besarnya kuantitas deposit endapan erupsi Merapi menjadikan banjir lahar dingin Merapi semakin sering dan masih akan terjadi dalam beberapa waktu mendatang," katanya.