Ahad 26 Jun 2022 17:30 WIB

Ridwan Kamil Resmi Tutup MTQ Tingkat Provinsi Jabar 

MTQ Jabar ditutup Ridwan Kamil.

Rep: Ari lukihardianti/ Red: Muhammad Hafil
Ridwan Kamil Resmi Tutup MTQ Tingkat Provinsi Jabar. Foto:   Kota Bandung kembali meraih juara umum pada MTQ Jabar ke-37 tahun 2022. Gelar ini merupakan ke sembilan kalinya secara beruntun.
Foto: istimewa
Ridwan Kamil Resmi Tutup MTQ Tingkat Provinsi Jabar. Foto: Kota Bandung kembali meraih juara umum pada MTQ Jabar ke-37 tahun 2022. Gelar ini merupakan ke sembilan kalinya secara beruntun.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG --Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Jabar di Lapangan PPI, Kabupaten Sumedang, Sabtu (25/6/2022) malam WIB. 

Ridwan Kamil mengapresiasi Pemda Kabupaten Sumedang karena telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik dalam menggelar MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Jabar. MTQ pun berjalan lancar dan meriah.

Baca Juga

"Alhamdulillah pelaksanaan MTQ ke-37 Tahun 2022 terlaksana dengan sangat-sangat baik. Inilah implementasi yang kita sebut Jabar Juara Lahir Batin. Tidak hanya tentang jalan, jembatan, dan lain-lain, tapi juga urusan kompetisi spiritualitas itu terus kita bantu," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil. 

Emil pun mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sumedang. Karena, MTQ digelar dengan sangat luar biasa. 

"Pembukaannya, saya dengar luar biasa. Penutupannya, saya saksikan sendiri, mungkin, yang terbaik yang pernah saya lihat. Tantangan untuk tuan rumah berikutnya standarnya harus lebih tinggi dari Kabupaten Sumedang. Luar biasa. Sampaikan salam ke masyarakat Sumedang," paparnya.  

Untuk para peserta, Emil mengucapkan selamat karena telah berhasil meraih nilai-nilai spiritualitas yang memuaskan. Pada gelaran MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Jabar, Kota Bandung berhasil menjadi juara umum. 

"Saya ucapkan selamat kepada peserta yang meraih penghargaan. Kami ucapkan selamat juga kepada kota/kabupaten yang meraih nilai baik khususnya juara umum. Alhamdulillah direbut oleh Kota Bandung yang kesekian kali. Mudah-mudahan memotivasi kota/kabupaten lainnya untuk terus meningkatkan prestasi," paparnya.

Menurut Emil, Pemprov Jabar sangat mendukung kegiatan keagamaan. Bahkan, tidak hanya umat Islam, Pemprov Jabar juga mendukung hal serupa untuk agama lain. 

"Ini menandakan Bumi Jawa Barat adalah Bumi Pancasila," katanya.

Sementara menurut, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat yang ke-37 di Kabupaten Sumedang menggabungkan unsur kebudayaan dan teknologi digital. 

"MTQ di Sumedang ini salah satu diferensiasinya adalah kami mengikhtiarkan dengan melakukan penyegaran berbasis teknologi informasi dan sentuhan budaya," kata Dony. 

Selama MTQ berlangsung, kata Dony, panitia menciptakan sebuah inovasi dengan menjadi tuan rumah pertama yang menerapkan sistem digitalisasi MTQ dalam pendaftaran, penilaian, realtime pengumuman nilai, live streaming, sampai informasi all about Sumedang. 

Pemda Kabupaten Sumedang pun menyiapkan sebuah aplikasi layanan informasi MTQ Real Time (MRT). Pembuatan aplikasi tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan terkait penyelenggaran MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Jabar. 

"Melalui aplikasi MTQ Real Time, bisa menyentuh viewer lebih dari 204 ribu orang yang mengakses. Itulah salah satu keunggulan menggunakan aplikasi," kata Dony. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement