Senin 05 Jul 2010 02:26 WIB

Tampung 100 Ribu Mahasiswa Jadi Target Majelis Pendidikan Tinggi

Rep: My1/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA---Penyusunan program lima tahun menjadi salah satu agenda dalam Muktamar Seabad Muhammadiyah. Di bidang pendidikan, Lembaga Perguruan Tinggi (PT) Muhammadiyah menargetkan dapat menampung 100 ribu mahasiswa dalam lima tahun.

Menurut Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan, Chairil Anwar, program tersebut untuk mencapai Angka Partisipasi Kasar (APK) 35 persen yang ditargetkan pemerintah.

Dijelaskannya, jumlah pemuda Indonesia berusia 19 hingga 24 tahun yang melanjutkan pendidikan ke PT atau APK saat ini baru sekitar 18 persen. Untuk mencapai target 35 persen, ujarnya, dalam lima tahun ke depan dibutuhkan 500 ribu orang yang masuk PT. "Dengan target itu, perguruan tinggi Muhammadiyah ditantang untuk bisa menambah 100 ribu mahasiswa lagi, " ujarnya dalam jumpa pers di Yogyakarta, Ahad (4/7).

Diungkapkannya, Muhammadiyah telah memiliki 152 PT. Dari jumlah tersebut, 41 diantaranya berbentuk universitas. Saat ini, ujarnya, PT tersebut menampung sekitar 400 ribu mahasiswa.