Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

9 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Menhub Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik Karya Anak Bangsa

Jumat 12 Aug 2022 10:55 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.Budi Karya Sumadi mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan karya anak bangsa sebagai momentum pembangunan yang berkelanjutan dan kelestarian lingkungan yang lebih baik di masa depan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.Budi Karya Sumadi mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan karya anak bangsa sebagai momentum pembangunan yang berkelanjutan dan kelestarian lingkungan yang lebih baik di masa depan.

Foto: Dok. Web
Penggunaan kendaraan listrik lokal sejalan dengan gerakan Bangga Buatan Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan karya anak bangsa sebagai momentum pembangunan yang berkelanjutan dan kelestarian lingkungan yang lebih baik di masa depan.

"Elektro mobilitas dapat membuat transportasi lebih bersih dan lebih murah, ini juga sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). Apalagi yang utama, memunculkan produk-produk kendaraan ramah lingkungan dari dalam negeri yang berdaya saing dengan produk luar negeri," kata Menhub dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Budi Karya memberikan apresiasi kepada motor listrik produk dari PT BYXE Motor Indonesia (BMI) yang diperkenalkan di Lobi Kantor Kemenhub, Jakarta, pada Kamis (11/8). Adapun masing-masing kendaraan listrik tersebut yaitu BYXE, XADE, SERGAP dan Prototype Motor Patroli.

Menurut Menhub, produk tersebut memunculkan optimisme untuk diproduksi secara massal dan digunakan masyarakat. Sejalan dengan kampanye Kemenhub untuk mendorong penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan secara masif, Menhub juga berharap motor listrik tersebut segera mengaspal karena sudah lulus SUT (Sertifikasi Uji Tipe) dan dapat menjadi salah satu solusi adanya permasalahan lingkungan seperti pemanasan global, efek gas rumah kaca, dan emisi karbon, yang mengharuskan semua pihak melakukan upaya penanganan serius.

"Mari terus berkarya, berinovasi, untuk menampilkan produk-produk unggulan supaya semua bangga menggunakan produk Indonesia. Ini harus kita dukung agar ekonomi kita bangkit dan lebih baik menuju Indonesia Emas di Tahun 2045," ujar Menhub.

Sebagai catatan, motor listrik tersebut merupakan karya anak bangsa yang dibuat sebagai bentuk respon terhadap peluang di bidang transportasi, energi, dan teknologi yang semakin terbuka dan berkembang di Indonesia.

Sedangkan tenaga penggeraknya, menggunakan baterai. Kemudian komponennya, juga diproduksi di dalam negeri atau menggandeng perusahaan lokal.

Dalam prosesnya, terus dilakukan inovasi dan perubahan demi memberikan pelayanan jasa terbaik kepada seluruh mitra bisnis agar menjadi perusahaan yang terkemuka di dunia.

Produksi motor listrik ini juga menekankan pada fokus perusahaan terhadap energi terbarukan. Selain itu menunjukkan keunggulan dalam bisnis dengan cara mengintegrasikan teknologi yang maju pada produk terkait.

Baik BYXE, XADE, dan SERGAP sudah mendapatkan apresiasi tinggi dan dukungan serta sertifikasi lulus uji dari SUT Kemenhub. Khusus SERGAP, yang bersama Litbang Kemenhan fokus dikembangkan menjadi motor berstandar militer.

Dalam pengembangannya motor yang berstandar militer PT Eltran berkolaborasi dengan PT BMI (BYXE Motor Indonesia) serta Indonesia Battery Corporation/IBC (anak perusahaan MIND ID, PLN, Pertamina dan Antam) sebagai penyedia baterai kendaraan Listrik. Sebagai informasi, SERGAP telah lulus uji tipe dari Kemenhub dan tengah berproses finalisasi Litbang Kemenhan agar bisa berstandar militer.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile