Senin 24 Sep 2018 03:07 WIB

Ternyata MSG Berasal dari Tumbuhan yang Difermentasi

MSG berasal dari jagung, singkong tebu dan tumbuhan lainnya yang difermentasi

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Crystals of monosodium glutamate or MSG (illustration)
Foto: En.wikipedia.org
Crystals of monosodium glutamate or MSG (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahu berasal dari mana Monosodium glutamat (MSG) atau yang lebih dikenal dengan mecin? Ternyata bahan makanan yang sering disalahkan sebagai biang keladi kebodohan ini berasal dari tumbuhan yang difermentasi.

"Informasi yang salah tentang bahan dan proses MSG, bahan kimia dan proses sintentik, padahal bahan MSG berupa karbohidrat yang berasal dari jagung, gandung, casava (singkong), tebu, dan lainnya" ujar Kepala Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Dr. Ir. Annis Catur Adi, M.Si.

Annis menjelaskan kalau MSG terbut dari proses frementasi. Fermentasi ini merupakan proses biologis yang umum digunakan untuk menghasilkan produk seperti kecap soysauce dan tape.

Dalam proses fermentasi ini mikroorganisme mengubah karbohidrat, seperti gula dan pati menjadi produk lain yang bermanfaat. Dalam proses fermentasi glutamat, mikroorganisme tumbuh dengan kondisi yang terkontrol dengan menggunakan tangki fermentasi yang berukuran besar terbuat dari stainless steel.