Senin 12 Aug 2013 11:11 WIB

Mau Pindah Kerja? Simak Ini Dulu

Red: Endah Hapsari
Pertimbangkan masak-masak sebelum memutuskan pindah kerja (ilustrasi)
Pertimbangkan masak-masak sebelum memutuskan pindah kerja (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Jika memang Anda berencana berganti karier, simak dulu tips yang disampaikan oleh Randall S Hansen, PhD dalam Career Change Do's and Don'ts.

Do's (Lakukan)

1. Rencanakan dengan baik untuk berganti karier. Dan, jangan lakukan perubahan karier sampai Anda memikirkannya berulang kali dan memiliki strategi tertentu.

2. Siapkan diri Anda bahwa berganti karier akan membutuhkan waktu dan upaya. Tapi, jangan sampai Anda surut langkah ketika kemajuannya membutuhkan waktu.

3. Cari waktu khusus untuk mengamati aktivitas yang Anda sukai dan tidak Anda sukai dengan memfokuskan pada aktivitas yang Anda sukai. Dan, fokuskan karier baru Anda di sekitar hal-hal yang Anda sukai dan cintai.

4. Pertimbangkan kemungkinan bahwa Anda akan membutuhkan tambahan training atau pendidikan untuk mendapatkan skill yang Anda butuhkan agar Anda kompetitif di bidang karier baru tersebut.

5. Manfaatkan semua potensi networking Anda, termasuk memanfaatkan jaringan kontak yang Anda miliki sekarang.

Don'ts (Jangan lakukan)

1. Jangan khawatir bila Anda merasa sedikit tak aman atau tak yakin dengan berganti karier. Perasaan begitu wajar.

2. Jangan mencoba meraih karier baru hanya karena Anda kecewa atau benci dengan pekerjaan sekarang, bos, perusahaan, atau bidang karier Anda saat ini.

3. Jangan batasi Anda memilih karier baru yang mirip dengan karier atau pekerjaan Anda sekarang. Cari dan temukan karier yang memanfaatkan kemampuan dan minat Anda.

4.Jangan lupa manfaatkan alumni dan pusat karier.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement