Ahad 27 Apr 2014 21:12 WIB

Bermasalah dengan Hewan Peliharaan? Ini Tips dari Cesar Millan

Rep: Setyanavidita Livikacansera/ Red: Mansyur Faqih
Cesar Milan saat tampil di Jakarta, Sabtu (26/4)
Foto: Image Dynamics
Cesar Milan saat tampil di Jakarta, Sabtu (26/4)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki binatang peliharaan bisa menjadi teman sekaligus penghibur bagi seluruh anggota keluarga. Tapi, terkadang peliharaan yang ada di rumah justru memberi masalah tambahan.

Berbagai masalah kadang ditemui oleh pemilik binatang peliharaan. Antara lain agresivitas tinggi, peliharaan yang tidak mau menurut, atau justru peliharaan yang takut pada banyak hal.

Ketika peliharaan yang dimiliki bermasalah, pemilik biasanya akan langsung senantiasa menyalahkan si binatang. Padahal, hal ini adalah tindakan yang tidak tepat.

Pakar sekaligus psikolog anjing, Cesar Millan mengungkapkan, prinsipnya binatang melihat manusia sebagai kumpulan energi. "Binatang seperti anjing, akan merefleksikan secara langsung energi apa yang ia lihat di dalam diri kita,” ujarnya dalam Cesar Millan Live Tour di Jakarta, (26/4).

Menurutnya, ketika energi bersifat negatif, seketika itu pula anjing akan menunjukkannya dalam berbagai tindakan yang negatif pula. Mulai dari agresif, menyalak berlebihan, atau bertengkar dengan binatang peliharaan lainnya.

Untuk mengatasi masalah dengan binatang peliharaan, lanjut dia, salah satu hal utama yang harus dilakukan adalah membenahi diri sendiri. "Dengan mengenali dan mengendalikan perasaan di dalam diri sendiri, kita pasti akan bisa mengubah perilaku negatif binatang peliharaan," tegas pria yang telah menjadi pakar perilaku anjing selama lebih dari 20 tahun itu.

Mengubah berbagai perasaan negatif yang ada di dalam diri, lanjut Cesar, bisa dimulai dengan mengenali perasaan yang dimiliki. Ketika menyadari mengeluarkan emosi negatif, seseorang bisa berusaha mengembalikan emosi dan energi ke arah yang lebih tenang dan positif.

Selama ini, Cesar Millan dikenal lewat serial Dog Whisperer yang tayang di saluran National Geographic. Serial ini telah memasuki musim yang kesembilan. Sepanjang kariernya, Cesar telah membantu ratusan klien yang bermasalah dengan binatang peliharaannya.

Tak tanggung-tanggung, deretan nama klien yang pernah Cesar bantu juga datang dari kaum jet set di Hollywood. Sebut saja, Scarlett Johannson, Gisele Bundchen, dan Charlize Theron. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement